ponsel
ilustrasi/freepik.com

BOGOR-TODAY.COM – Saat ini, terjadi penurunan signifikan dalam penjualan ponsel di seluruh dunia, menandai kesulitan yang terus berlanjut dalam pasar ponsel cerdas.

Berdasarkan laporan Market Pulse dari lembaga riset Counterpoint, tercatat penurunan sebesar 8 persen dalam penjualan pada kuartal ketiga tahun 2023 jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Tren penurunan penjualan ponsel global telah berlangsung selama 9 kuartal berturut-turut. Namun, terdapat sedikit harapan karena terdapat pertumbuhan sebesar 2 persen dari kuartal ke kuartal (QoQ).

BACA JUGA :  Bocah 4 Tahun di Lampung Dicabuli saat Kejar Kucing Masuk Rumah Tetangga

Perusahaan Samsung masih mendominasi pasar global ponsel cerdas dengan pangsa pasar sekitar 20 persen, walaupun mengalami penurunan penjualan sebesar 13 persen YoY.

Counterpoint mencatat bahwa performa Samsung didorong oleh penjualan model Z Flip 5, yang hampir dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan pesaingnya di pasar. Selain itu, seri Galaxy A masih menduduki posisi teratas di segmen kelas menengah.

BACA JUGA :  15 Kali Guguran Lava Diluncurkan Gunung Merapi, BPPTKG: Jarak Luncur Sejauh 1.800 Meter

Sementara itu, Apple menduduki peringkat kedua dengan pangsa pasar sekitar 16%, meskipun mengalami penurunan penjualan sebesar 9 persen YoY.

============================================================
============================================================
============================================================