The Beatles
The Beatles.

BOGOR-TODAY.COM – Lebih dari setengah abad setelah perpecahan mereka, The Beatles mengumumkan rencana untuk merilis lagu terakhir mereka yang diberi judul “Now and Then”.

Lagu ini didasarkan pada rekaman demo yang dibuat oleh John Lennon pada tahun 1970 dan dinyanyikan ulang tahun lalu oleh dua anggota yang masih hidup dari The Beatles, yaitu Paul McCartney dan Ringo Starr.

Lagu ini akan dirilis pada tanggal 2 November dan akan menjadi bagian dari album-album kompilasi ulang dari The Beatles, yaitu “Red” dan “Blue”, yang akan tersedia pada tanggal 10 November.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Senin 13 Mei 2024

Now and Then” adalah lagu asli yang ditulis oleh John Lennon setelah The Beatles bubar pada tahun 1970. Lagu ini sebelumnya tersebar secara ilegal dalam bentuk bootleg selama bertahun-tahun.

Yoko Ono, istri Lennon, mengirimkan lagu ini kepada McCartney tidak lama setelah kematian tragis John Lennon pada tanggal 8 Desember 1980 di New York.

Lagu ini awalnya ada dalam kaset berlabel “For Paul” yang juga berisi versi awal dari lagu “Free As A Bird” dan “Real Love”, yang kemudian dirilis sebagai singel oleh The Beatles pada tahun 1995 dan 1996 sebagai bagian dari proyek “Anthology”.

BACA JUGA :  Polisi Ungkap Kronologi Kecelakaan Beruntun di Ciampea Bogor

Pada waktu itu, The Beatles mencoba merekam ulang “Now and Then”, namun upaya ini dihentikan karena kualitas suara rekaman kaset John dianggap sangat buruk oleh anggota The Beatles lainnya, termasuk George Harrison.

Pembuatan ulang lagu ini memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan untuk mengisolasi vokal Lennon dari rekaman kaset lama. Paul McCartney mengungkapkan bahwa peluncuran lagu ini membuatnya merasa sangat emosional, karena suara John yang jelas terdengar.

============================================================
============================================================
============================================================