Kontingen DKI Jakarta Juara Umum di Kejurnas Lari Trail 2023, Berikut Daftar Peraih Medali

Kejurnas Lari Trail 2023 di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

BOGOR-TODAY.COM – Kontingen DKI Jakarta berhasil menjadi Juara Umum dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Lari Trail 2023 yang digelar Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI) di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), pada 27-29 Oktober 2023 ini.

Ketua Umum ALTI Bima Arya memaparkan data hasil Kejurnas yang dihimpun dari panitia pelaksana.

“DKI Jakarta menyabet 4 emas medali emas dan 3 medali perak, Sulawesi Selatan  1 emas dan 1 perunggu dan Jawa Tengah 1 emas,” ungkap Bima Arya, pada Minggu (29/10/2023).

Sementara kontingen lainnya, Jawa Barat meraih 1 perak dan 1 perunggu, Sulawesi Tengah 1 perak dan 1 perunggu, Jawa Timur 1 perunggu serta DI Yogyakarta 1 perunggu.

“Selamat kepada para juara yang sudah menaklukan track di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Otomatis mereka lolos kualifikasi PON 2024,” ujar Bima Arya yang juga Wali Kota Bogor ini.

BACA JUGA :  Laga Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 Disorot Media Internasional

Bima menambahkan, bagi atlet lari trail yang tidak ikut Kejurnas atau yang belum lolos, masih ada kesempatan untuk ikut serta dalam ekshibisi PON XXI Aceh-Sumatera Utara.

“Para atlet bisa mengikuti kejuaraan lari trail lain yang ditunjuk ALTI yang merupakan bagian dari kualifikasi PON 2024. Misalnya, BTS 100 Ultra, Bontang International Trail Run dan lomba-lomba lainnya yang ditunjuk,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum ALTI Nanang Handoko mengatakan, keikutsertaan cabang olahraga lari trail dalam PON tahun depan merupakan prestasi besar dan bukti nyata perkembangan olahraga lari lintas alam di Tanah Air.

BACA JUGA :  JJB Terbitakan Tatib Dan Reshuffle Keanggotaan 

ALTI sudah gelar dua kali Kejurnas, sudah mengirimkan atlet Indonesia berlaga di Kejuaraan Dunia seperti Austria dan Thailand. Tahun depan, ALTI ikut ekshibisi PON. Ini kemajuan luar biasa di bawah Ketum Bima Arya,” terang Nanang.

Sebelumnya, Kejurnas kedua lari trail ini dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo. Dito menyatakan bahwa lari trail ini adalah salah satu cabor yang memiliki prospek cerah kedepannya karena selain prestasi juga rekreasi.

============================================================
============================================================
============================================================