World Superbike Dikabarkan Tak Akan Lagi Digelar di Mandalika, Kenapa?

BOGOR-TODAY.COM – Penyelenggaraan World Superbike (WSBK) musim 2024 di Sirkuit Mandalika, Lombok, dikabarkan tidak akan lagi digelar, meskipun event ini selalu menarik banyak penonton.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengungkapkan bahwa Sirkuit Mandalika akan fokus pada ajang MotoGP dan pariwisata olahraga.

Ini merupakan pertama kalinya Sirkuit Mandalika tidak termasuk dalam kalender seri WSBK setelah tiga musim berturut-turut mengadakan balapan.

Alasan di balik pembatalan ini adalah karena dari segi ekonomi, kompetisi tersebut tidak memberikan keuntungan yang signifikan.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Senin 1 Juli 2024

“Meskipun memiliki banyak penonton, tidak memberikan dampak ekonomi yang signifikan dan berkelanjutan bagi wilayah tersebut. Oleh karena itu, keputusan diambil untuk tidak melanjutkan WSBK, tetapi menggantinya dengan event-event yang memiliki dampak ekonomi yang lebih besar,” kata Sandiaga seperti dikutip dari cnbc indonesia, Kamis (2/11/2023).

Sementara itu, Komandan Lapangan MotoGP 2023 sekaligus Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat (Dispar NTB), Jamaluddin Malady, mengungkapkan bahwa penyebab Sirkuit Mandalika tidak masuk dalam kalender event World Superbike (WSBK) 2024 adalah karena besarnya biaya hosting yang harus dibayarkan pemerintah kepada Dorna Sports.

BACA JUGA :  Kecelakaan Gadis Pengendara Motor di Grobogan Jadi Korban Tabrak Lari Truk Batu Bara

“Besarnya biaya hosting ini dianggap sebagai alasan utama mengapa WSBK kemungkinan besar tidak akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika,” ungkap Jamaluddin.

Untuk MotoGP saja, biaya hosting berkisar sekitar Rp 180 miliar yang harus dibayarkan ke Dorna. Sedangkan untuk WSBK, perkiraan biaya hosting sekitar Rp 100 miliar. Sehingga, pemerintah memutuskan untuk tidak melanjutkannya.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
======================================
======================================
======================================