Scarlett Johansson
Scarlett Johansson.

BOGOR-TODAY.COM – Aktris nominasi Oscar, Scarlett Johansson, mengambil langkah hukum karena wajah dan suaranya digunakan oleh teknologi kecerdasan buatan (AI) tanpa izin. Ia menggugat pengembang aplikasi AI yang memanfaatkan kesamaan wajah dan suara dalam sebuah iklan.

Iklan berdurasi 22 detik tersebut mempromosikan editor gambar AI bernama Lisa AI: 90s Yearbook & Avatar, yang menggunakan gambar dan suara buatan AI yang menyerupai Johansson.

BACA JUGA :  Pemerintah Kota Bogor Targetkan Raih Predikat Utama KLA 2024

Iklan ini menampilkan klip asli Johansson di balik layar film Black Widow, dengan kata-kata “Ada apa, teman-teman? Ini Scarlett dan aku ingin kamu ikut denganku…” kemudian berlanjut dengan gambar AI dan versi rekaman suara yang digunakan untuk mempromosikan aplikasi AI tersebut.

“Gambar dibuat oleh Lisa AI. Ini tidak ada hubungannya dengan orang ini,” sebut iklan tersebut dikuti dari cnbc Indonesia, Selasa (7/11/2023).

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Minggu 19 Mei 2024

Setelah gugatan hukum diajukan, iklan tersebut tidak lagi muncul di Twitter. Namun, beberapa aplikasi Lisa AI yang dikembangkan oleh Convert Software tetap tersedia di App Store dan Google Play.

Pengacara Johansson, Kecin Yorn, mengungkapkan bahwa kliennya menghadapi situasi ini sesuai dengan hukum dan tidak meremehkan penggunaan tiruan dengan teknologi AI.

============================================================
============================================================
============================================================