Presiden Jokowi Temui Kepala Desa di Istana, Bahas Masa Jabatan dan Dana Desa

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi. (Tangkapan layar Youtube Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

BOGOR-TODAY.COM – Sejumlah kepala desa membahas penambahan masa jabatan saat bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Jakarta.

Para kepala desa mendorong penambahan masa jabatan diatur dalam revisi Undang-Undang Desa. Mereka berharap Jokowi bisa merumuskannya bersama DPR.

“Dalam pertemuan biasa kita mengusulkan seperti yang sudah terjadi di publik, yaitu berbicara periodisasi,” kata Ketua Umum DPP Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (Apdesi) Surta Wijaya usai bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (7/11).

BACA JUGA :  Disdukcapil Kota Bogor Berlakukan Antrean Daring Prima Antri, Ini Fungsinya

Para kepala desa juga mendorong kelonggaran penggunaan dana desa. Mereka ingin 70 persen kewenangan pengaturan dana desa ada di tangan pengurus desa.

Menurut Surta, Jokowi mendengar dan menerima permohonan-permohonan itu saat bertemu di Istana. Dia optimis permintaan para kepala desa bisa terwujud.

“Ya kepastian karena Bapak Presiden sebagai orang tua kita nanti kita juga bicara dengan legislatif juga sama,” ucapnya.

BACA JUGA :  Penemuan Mayat Remaja yang Hilang Tenggelam di Sungai Sekampung Lampung Timur

Surta menampik pertemuan dengan Jokowi membahas soal politik atau pilpres. Dia mengaku tak ada arahan dari Jokowi untuk memenangkan anaknya, Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024.

“Tidak ada, tidak sama sekali menyinggung hal itu. Kita netral saja,” ujarnya.

Sebelumnya, 15 orang kepala desa mendatangi Istana Kepresidenan Jakarta. Pertemuan digelar tertutup sekitar satu jam.***

Sumber: CNNIndonesia

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================