Upaya Minimalisir Tawuran Pelajar, Pemkab Bogor Bakal Lanjutkan Program ‘Forkopimda Goes To School’

BOGOR-TODAY.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor akan melanjutkan program ‘Forkopimda Goes To School’ sebagai upaya meminimalisir tawuran pelajar di Kabupaten Bogor.

Hal itu akan dilakukan secara berkala oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Bogor sebagai leading sektornya.

“Kami punya program Forkopimda Goes To School dan itu akan tetap berjalan dan terus kami lanjutkan,” kata Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Kamis (9/11/2023).

Selain itu, kata dia, peran serta masyarakat dan orang tua tentunya sangat dibutuhkan untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang dapat mewariskan dan melestarikan nilai, norma dan budaya.

BACA JUGA :  Cari Tahu Kapan Puasa Asyura Tahun 2024, Berikut Keutamaannya

“Mengurus adik-adik kita ini yang masih masa pertumbuhan dan mencari jati diri itu memang tidak mudah dan itu harus ada keterkaitan semua unsur,” jelas Burhanudin.

Burhanudin mengaku, program tersebut juga merupakan sebuah bentuk tanggung jawab pemerintah untuk membentuk pelajar-pelajar yang bertanggung jawab, mandiri dan proaktif.

Sehingga, lanjut dia, kejadian tawuran pelajar yang sering terjadi di Kabupaten Bogor dapat diminimalisir dengan melakukan pendekatan yang masif.

“Artinya semua harus peduli karena mereka akan menjadi penerus bangsa. Kalau tidak dibina dari sekarang dan tidak di estafetkan mau jadi generasi apa?,” tandasnya.

BACA JUGA :  PJ Gubernur Jabar Beri Sinyal Dukungan DPRD Kota Bogor Semangat Perjuangkan Pengesahan Raperda Pinjol

Menurut dia, ruang lingkup para pelajar di sekolah, rumah dan lingkungan masyarakat merupakan poin penting dalam menjaga anak bangsa agar tidak terjerumus ke dalam hal-hal negatif.

“Mereka sehari itu paling 7 jam di sekolah. Jadi selain pembinaan formal itu di sekolah. Harus ada pendekatan juga di Informal nya yakni, keluarga dan nonformal itu di masyarakat. Jadi harus tiga itu bersamaan,” pungkas dia.***

Penulis : Mutia Dheza Cantika

Bagi Halaman
======================================
======================================
======================================