Vietnam
Banjir di Vietnam. (YouTube.com / WION)

BOGOR-TODAY.COMKota Hue di Vietnam, yang masuk dalam situs warisan dunia dan populer di kalangan wisatawan, Rabu (15/11/2023), diterjang banjir besar hingga merendam ribuan rumah dan memblokir jalan raya.

Banjir besar terjadi setelah hujan lebat turun sejak awal pekan ini. Gambar dari media pemerintah menunjukkan warga dievakuasi menggunakan perahu dengan pemandangan mobil-mobil dan rumah terendam banjir.

“Kota ini dilanda banjir di mana-mana, dan air naik sangat cepat sejak Selasa malam,” kata warga Kota Hue, Vu An dikutip dari beritasatu.com

BACA JUGA :  Kebakaran Hanguskan Pabrik Antena di Panyileukan Bandung

Hujan deras yang mengguyur beberapa provinsi di sepanjang pantai sejak Senin (13/11/2023) membuat aliran listrik di kota itu padam.

Imbas banjir tersebut, tercatat lebih dari 2.000 orang mengungsi dari rumah mereka di provinsi Quang Tri tengah, dan sedikitnya tiga orang dilaporkan hilang.

Banjir juga mengakibatkan beberapa bagian jalan raya nasional yang menghubungkan Vietnam utara dan selatan juga tertutup tanah longsor. Vietnam sering dilanda cuaca buruk di musim hujan antara bulan Juni dan November.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Sabtu 11 Mei 2024

Badan cuaca Vietnam mengatakan, ketinggian air mungkin tetap tinggi selama dua hari ke depan sebelum membaik pada akhir pekan ini. Menurut angka resmi, bencana alam termasuk banjir dan tanah longsor telah menyebabkan 136 orang tewas dan hilang di Vietnam tahun ini.

Para ilmuwan telah memperingatkan bahwa kejadian cuaca ekstrem secara global menjadi lebih intens dan sering terjadi akibat perubahan iklim. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================