nyamuk Wolbachia
Ilustrasi.

BOGOR-TODAY.COM – Sebelumnya telah terbukti efektif setelah uji coba di Yogyakarta, nyamuk Wolbachia yang dibiakkan oleh miliarder asal Amerika Serikat, Bill Gates, dilakukan di sebuah bangunan berlantai dua di Medellín, Kolombia.

Para ilmuwan bekerja berjam-jam di laboratorium lembap untuk membiakkan jutaan nyamuk.

Pendiri Microsoft itu menjelaskan bahwa para ilmuwan memenuhi setiap kebutuhan serangga tersebut sepanjang tahap pertumbuhannya, menjaga suhu dan memberikan makanan seperti ikan, gula, dan darah.

BACA JUGA :  10 Persen Angka Kematian ASN Akibat Penyakit Tidak Menular, Sekda Kota Bogor Tingkatkan Sosialisasi

Nyamuk tersebut kemudian dilepaskan ke seluruh negeri untuk berkembang biak dengan nyamuk liar yang dapat membawa demam berdarah dan virus lain yang dapat menyebabkan penyakit dan kematian.

Dalam blog resminya, Gates menegaskan bahwa nyamuk yang dilepaskan memiliki tujuan menyelamatkan nyawa dan bukan untuk mengancam penduduk setempat.

Wolbachia, bakteri yang dibawa oleh nyamuk ini, telah terbukti efektif menghalangi penularan demam berdarah dan virus lainnya.

BACA JUGA :  Seram Bagian Timur Maluku Diguncang Gempa Terkini Magnitudo 4,6

Hasil uji coba di Yogyakarta menunjukkan bahwa nyamuk Wolbachia mengurangi kasus demam berdarah di kota tersebut sebanyak 77 persen dan pasien rawat inap demam berdarah sebanyak 86 persen.

Di Medellín, kasus demam berdarah menurun 89 persen sejak nyamuk Wolbachia dilepaskan pada tahun 2015.

============================================================
============================================================
============================================================