aplikasi
Ilustrasi.

BOGOR-TODAY.COM – Sejumlah aplikasi pada layanan perangkat lunak Android dan iPhone terus mengalami serangan virus malware yang dapat mengakibatkan pencurian data pribadi pemilik ponsel, termasuk informasi keuangan di rekening bank atau dompet digital.

Baru-baru ini, pihak kepolisian Belgia berhasil mengidentifikasi delapan aplikasi yang diduga terinfeksi oleh virus malware Joker.

Para pengguna smartphone yang memiliki aplikasi-aplikasi tersebut diharapkan segera menghapusnya, karena keberadaannya dapat memudahkan pelaku pembuat virus untuk melakukan aksi pencurian.

Meskipun aplikasi-aplikasi ini sebelumnya tersedia di Google Play Store, namun sudah dihapus dari platform tersebut.

Meskipun demikian, risiko tetap ada apabila pengguna yang telah menginstal aplikasi tersebut belum menghapusnya.

BACA JUGA :  Polisi Ungkap Kronologi Kecelakaan Beruntun di Ciampea Bogor

Virus Joker, yang berasal dari keluarga malware Bread, memiliki kemampuan mencuri uang korban dan melakukan operasi di ponsel tanpa izin dari pengguna.

Virus ini mampu membuat ponsel terhubung dengan layanan berbayar tanpa sepengetahuan pemiliknya, dengan Bank tidak dapat mendeteksi aktivitas yang mencurigakan.

Kepolisian Belgia mengingatkan bahwa pemilik ponsel dapat terkejut melihat tagihan rekening bank atau kartu kredit yang tidak wajar di akhir bulan akibat aksi virus Joker.

Meskipun virus ini sudah terdeteksi sejak 2017 dan telah dihapus dari ribuan aplikasi di Play Store oleh Google, namun risiko masih ada jika pengguna tidak segera menghapus aplikasi yang terinfeksi.

BACA JUGA :  Pencuri Sepeda Motor di Bogor Kepergok Warga, Pelaku Bawa Pistol Mainan

Diketahui bahwa Google telah menemukan dan menghapus sekitar 1.700 aplikasi yang terinfeksi Joker. Pada September 2020, terdapat 24 aplikasi Android dengan virus Joker yang telah diunduh 500 ribu kali sebelum dihapus, menyebar di 30 negara, termasuk AS, Brasil, dan Spanyol.

Berikut adalah daftar 8 aplikasi Android yang dapat mencuri data dan uang:

  1. Auxiliary Message
  2. Element Scanner
  3. Fast Magic SMS
  4. Free CamScanner
  5. Go Messages
  6. Super Message
  7. Super SMS
  8. Travel Wallpapers.

Demikian informasi 8 aplikasi android yang bisa curi data dan uang. Semoga bermanfaat. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================