Jelang Aquabike World Championship 2023, Balap Perahu Tradisional Perebutkan Hadiah Rp250 Juta

Bupati Samosir Vandiko Gultom melepas lomba Solu Tradisional (dok Humas Kab Samosir)

BOGOR-TODAY.COM – Balap perahu tradisional Solu Bolon bakal digelar jelang Aquabike World Championship 2023 pada Jumat (24/11/2023) di Samosir Waterfront Pangururan. Dalam ajang bertajuk Pesta Rakyat Toba, 22 hingga 26 November 2023, balapan tersebut bakal memperebutkan total hadiah sebesar Rp250 juta.

Tim-tim dari delapan kabupaten di sekitar Toba bakal bersaing. Selain memperebutkan hadiah ratusan juta, pemenang nantinya juga berkesempatan beradu cepat dengan tim selebritis.

“Solu Bolon yang merupakan tradisi masyarakat Sumatera Utara dihadirkan sebagai daya tarik pengunjung Pesta Rakyat Danau Toba. Kami berharap warga dapat menikmati pertunjukan musik dan juga kemeriahan kompetisi Solu Bolon. Dengan demikian, Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba menjadi lebih istimewa karena adanya side event yang menampilkan berbagai pertunjukan seni dan budaya yang mengusung kearifan lokal,” kata Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono.

BACA JUGA :  Atlet Skateboard Kabupaten Bogor Sabet Dua Medali Naschamp 2024

Balapan Aquabike Jetski World Championship dijamin berjalan lancar. Pemerintah Kabupaten Samosir, Sumatra Utara, memastikan lintasan lomba Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba aman dari tanaman eceng gondok. Diprediksi, acara akan terlaksana dengan baik.

BACA JUGA :  Atlet Skateboard Kabupaten Bogor Sabet Dua Medali Naschamp 2024

“Sejauh ini, kondisinya bersih dan aman, tidak akan mengganggu jalannya lomba,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Kadis LH) Kabupaten Samosir Edison Pasaribu, Selasa (21/11/2023).

Aquabike Jetski World Championship 2023 digelar di empat kabupaten di Sumatera Utara, yaitu Toba, Karo, Dairi, dan Samosir. Acara itu merupakan kejuaraan olahraga air internasional kedua yang digelar di Danau Toba pada tahun ini.

============================================================
============================================================
============================================================