Dedie Rachim Paparkan Persiapan Rebut 2045 Melalui Penguatan Nasionalisme

Persiapan Karir Pasca Studi Alumni & Awardee Lembaga Pengelola Dana Pendidikan  (LPDP) di Common Class Room (CCR), IPB University Dramaga.

BOGOR-TODAY.COM – Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim menjadi narasumber dalam kegiatan Persiapan Karir Pasca Studi Alumni & Awardee Lembaga Pengelola Dana Pendidikan  (LPDP) di Common Class Room (CCR), IPB University Dramaga, Kabupaten Bogor, Jumat (24/11/2023).

Persiapan karir pasca studi kepada alumni dan awardee LPDP yang bertema Leadership, Enrichment, Attachment and Development (LEAD Bogor), Dedie Rachim memaparkan persiapan yang bisa dilakukan untuk Indonesia Emas 2045 melalui penguatan nasionalisme yang mencakup kesatuan, kebangsaan, kesamaan, kepribadian dan prestasi.

“Jadi perlu penguatan dalam nasionalisme dalam berbangsa dan bernegara ketika kita ingin di tahun 2045 menciptakan generasi emas Indonesia dan menjadikan Indonesia menjadi bangsa yang makmur dan sejahtera,” katanya.

BACA JUGA :  Hari Kesiapsiagaan Bencana Momentum Bangkitkan Kesadaran Masyarakat Agar Siaga

Karena, dalam menciptakan Indonesia 2045 tidak bisa dilakukan secara instan. Dedie pun menceritakan pengalamanya ketika bertugas di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan kunjungan kerja ke Korea.

Untuk mencapai masa keemasan, Korea memerlukan waktu yang tidak sebentar, yang dimulai sejak tahun 1974 untuk menjadi negara maju yang salah satu tahapannya adalah melaksanakan olimpiade pada sekitar tahun 1988.

Pada tahap persiapan membuat olimpiade itu, Korea melakukan berbagai perubahan termasuk perubahan terhadap lingkungan hidup.

Hal itu juga yang perlu dilakukan oleh para generasi muda agent of change yang akan mengambil tongkat estafet kepemimpinan dan regenerasi di Indonesia untuk juga peduli terhadap lingkungan hidup.

BACA JUGA :  Halalbihalal IWAPI Kota Bogor, Hery Antasari: Ciptakan Pengusaha Tangguh

“Selain itu juga harus terus belajar, melakukan studi literasi tentang bangsa-bangsa di dunia dalam merebut massa emas, melakukan studi banding bagaimana bangsa di dunia ini bisa maju bisa hebat berkembang, Karena kalau study banding betul-betul dilakukan secara baik dan benar, itu akan membawa juga sebuah wacana baru wawasan baru bagaimana bangsa-bangsa lain atau perusahaan lain tempat lain maju dan berkembang,” katanya.

============================================================
============================================================
============================================================