ponsel cerdas
Ilustrasi.

BOGOR-TODAY.COM –Pasar ponsel cerdas di Indonesia menunjukkan pemulihan pada kuartal III (Q3) 2023, dengan pertumbuhan positif sebesar 8,8 persen secara tahunan menurut laporan riset IDC.

Kategori ponsel cerdas dengan harga di atas US$ 600 (sekitar Rp 9 juta) mencatat pertumbuhan yang signifikan, hampir dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya pada periode yang sama.

Trend ini sejalan dengan prediksi analis yang menunjukkan pergeseran minat masyarakat Indonesia menuju ponsel premium yang menawarkan daya tahan lebih lama, dibandingkan dengan ponsel murah yang memiliki kualitas di bawah standar.

Beberapa model ponsel premium, seperti seri lipat Samsung dan seri iPhone dari Apple, menjadi pendorong utama pertumbuhan penjualan dalam segmen ini.

Jika Anda berencana untuk membeli ponsel baru menjelang akhir tahun, berikut adalah lima pilihan smartphone flagship terbaik sepanjang tahun 2023, diulas Selasa (27/11/2023)

  1. Samsung Galaxy S23 Ultra
BACA JUGA :  Penutupan Akses Jalan Oleh Plaza Jambu Dua, Pemkot Sebut Itu Jalan Umum

Samsung menghadirkan peningkatan signifikan pada model ‘Ultra’ dari keluarga seri Galaxy S23 yang diluncurkan pada awal 2023.

Dalam hal fotografi, Galaxy S23 Ultra menampilkan kamera utama dengan sensor ISOCELL HP2 berkekuatan 200MP, meningkat dari 108MP pada model sebelumnya.

Selain itu, Galaxy S23 Ultra juga dilengkapi dengan kamera sekunder, masing-masing memiliki resolusi 12MP (ultrawide), 10MP (telefoto dengan optical zoom hingga 10x), dan 10MP (telefoto dengan optical zoom hingga 3x).

Kemampuan Night Mode, Portrait, dan Wide Mode kamera ini dianggap handal, memberikan hasil foto dan video yang tajam dengan akurasi warna yang konsisten.

Performa Galaxy S23 Ultra juga diakui sebagai yang terbaik untuk ponsel Android, didukung oleh chipset Snapdragon 8 Gen 2 khusus ‘for Galaxy’. Dengan harga mulai Rp 19.999.000 untuk varian RAM/ROM 12GB/256GB.

  1. Oppo Find N3
BACA JUGA :  Surat Edaran Soal Study Tour, Pj Wali Kota Bogor Imbau Kegiatan di Dalam Kota

Oppo memperkenalkan ponsel lipat pertamanya dalam seri Find N3. Salah satu keunggulan utama Oppo Find N3 adalah desain rampingnya, meskipun memiliki layar yang besar saat dilipat. Layar utama berukuran 7,82 inci, sementara layar cover memiliki ukuran 6,31 inci dalam keadaan terlipat.

Beratnya mencapai 245 gram untuk versi kaca, sementara versi kulit yang lebih modis sedikit lebih ringan, yaitu 239 gram. Oppo Find N3 juga menonjolkan konfigurasi tiga kamera, termasuk kamera telefoto 64MP dengan optical zoom hingga 3x, serta kamera wide-angle 48MP.

Dengan chipset Snapdragon 8 Gen 2, Oppo Find N3 dihargai sebesar Rp 29.999.000.

  1. Samsung Galaxy Z Flip 5

Dibandingkan dengan pendahulunya, Samsung Galaxy Z Flip 5 menghadirkan banyak peningkatan, terutama pada layar cover yang lebih besar, berukuran 3,4 inci dibandingkan dengan 1,9 inci pada Galaxy Z Flip 4.

============================================================
============================================================
============================================================