kosmetik ilegal
Ilustrasi.

BOGOR-TODAY.COM – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah merilis daftar produk kosmetik ilegal yang dianggap berbahaya dan masih tersedia di berbagai platform penjualan daring.

Dari pemantauan BPOM, diketahui bahwa produk kosmetik ilegal tersebut mengandung substansi berbahaya seperti merkuri, hidrokuinon, dan steroid.

Produk-produk ini tidak memiliki izin edar resmi dan/atau mengandung bahan yang dilarang.

Selama periode Januari hingga September 2023, BPOM menyatakan bahwa melalui patroli siber, masih ditemukan sejumlah produk kosmetik ilegal dan berbahaya yang dijual secara online.

Dalam menanggapi temuan ini, BPOM mengambil langkah-langkah seperti mengajukan permohonan penutupan atau pemblokiran situs web kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta memberlakukan suspensi terhadap toko-toko daring di berbagai marketplace.

Pengungkapan ini merupakan hasil pemantauan BPOM secara daring sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan BPOM Nomor 8 Tahun 2020 tentang Pengawasan Obat dan Makanan yang Diedarkan secara Daring, yang telah mengalami perubahan dengan Peraturan BPOM Nomor 32 Tahun 2020.

BACA JUGA :  Ganda Putri Indonesia Runner Up Thailand Open 2024

BPOM menjalankan kerja sama dengan KPI/KPID dan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk melakukan pengawasan daring terhadap situs web, e-commerce, dan media sosial.

Berdasarkan hasil patroli siber pada Januari-September 2023, teridentifikasi paling tidak lima produk kosmetik berbahaya dan ilegal yang masih beredar di berbagai marketplace.

Kelima produk tersebut mengandung bahan-bahan berpotensi merugikan bagi kulit, seperti hidrokuinon, steroid, dan merkuri.

Dilansir dari @bpom_ri, berikut daftar kosmetik berbahaya dan ilegal:

  1. Krim HN Produk: kosmetik Kandungan berbahaya: merkuri Nomor izin edar: tidak ada Krim Diamond ditemukan sebanyak 8.116 link penjualan di marketplace.
  2. Krim Diamond Produk: kosmetik Kandungan berbahaya: merkuri Nomor izin edar: tidak ada Krim Diamond ditemukan sebanyak 6.986 link penjualan di marketplace.
  3. Tabita Skincare Produk: kosmetik Kandungan berbahaya: merkuri dan hidrokuinon Nomor izin edar: tidak ada Tabita Skincare ditemukan sebanyak 3.778 link penjualan di marketplace.
  4. Tati Skincare Produk: skincare/perawatan kulit Kandungan berbahaya: merkuri, hidrokuinon dan tretinoin Nomor izin edar: tidak ada Tati Skincare ditemukan sebanyak 1.791 link penjualan di marketplace.
  5. HB Dosting Produk: hand and body lotion dosis tinggi (HB Dosting) Kandungan berbahaya: hidrokuinon dan steroid Nomor izin edar: tidak ada HB Dosting ditemukan sebanyak 1.447 link penjualan. ***
BACA JUGA :  Diduga Dibunuh Suami, Mayat IRT Ditemukan Bersimbah Darah di Jalan
Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================