tumpukan busa
Heboh, Tumpukan Busa Limbah Pabrik Tutupi Sungai di Depok. Foto : tangkapan layar video.

BOGOR-TODAY.COM – Usai viral, tumpukan busa yang menutup aliran Kali Baru di Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Depok, Jawa Barat berhasil dibersihkan. Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Abdul Rahman, menduga bahwa busa putih tersebut berasal dari bekas deterjen.

“Dengan perubahan musim dari kemarau ke hujan, tentu terjadi banyak endapan limbah domestik, mungkin bekas-bekas deterjen, karena aliran menjadi deras sehingga seolah-olah teraduk,” ujarnya dikutip dari beritasatu.com, Rabu (29/11/2023).

Abdul Rahman menjelaskan bahwa penumpukan busa terjadi karena di dekat lokasi tersebut terdapat semacam bendungan. Air yang mengalir dari atas ke bawah dengan cukup deras menyebabkan timbulnya busa putih.

BACA JUGA :  Bibir Hitam Gegara 5 Kebiasaan Ini, Simak Sampai Akhir!

“Di situ ada semacam bendungan, air tumpah dari atas ke bawah dengan deras, sehingga menimbulkan buih. Itu hanyalah dugaan sementara,” tambahnya.

Pihak DLHK Kota Depok telah menerima laporan dari warga sejak Senin (27/11/2023) dan segera turun ke lapangan pada Selasa (28/11/2023) untuk memeriksa apakah busa putih yang menutupi aliran kali berasal dari limbah pabrik atau bukan.

“Kami memutuskan untuk melakukan penelusuran. Pukul 08.30 WIB, tim kami diberangkatkan untuk menyelidiki,” katanya.

Selama penelusuran, pihaknya memeriksa beberapa lokasi, termasuk badan sungai, perumahan, dan sejumlah pabrik yang diduga membuang limbah ke aliran kali.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Jumat 3 Mei 2024

“Kami akan membuat laporan berdasarkan hasil penelusuran ini, dan saya masih terus memantau perkembangannya,” tambahnya.

Dikabarkan sebelumnya, sebagian warga mengeluhkan adanya tumpukan busa limbah pabrik menutupi sungai di Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Depok, pada  Senin (27/11/2023), menyebabkan aroma yang menyengat. Selain itu, para warga juga mengalami gejala batuk dan iritasi pada kulit.

Busa yang mencapai ketinggian 4 meter mengakibatkan beberapa rumah warga tertutup oleh busa tersebut. Sumber pasti dari busa putih yang diduga sebagai limbah belum dapat dipastikan.

============================================================
============================================================
============================================================