Sekda Kota Bogor Hadiri Hakordia 2023, Jokowi Ingatkan Upaya Berantas dan Cegah Korupsi

“Dalam pemberantasan korupsi sinergi antar pemerintah dan masyarakat termasuk didalamnya dengan dunia usaha salah satu fenomena yang kami amati adalah perkembangan teknologi informasi, kami juga menganggap sinergitas dan penggunaan teknologi informasi dalam upaya memberantas korupsi ini suatu keharusan,” ujarnya.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo selalu mengingatkan agar birokrasi berdampak.

Sehingga kebijakan transformasi digital dalam pemberantasan korupsi merupakan bagian dari sinergi pencegahan korupsi karena transformasi digital memiliki dampak dalam upaya pencegahan korupsi.

“Namun bahwa transformasi digital bukan satu-satunya solusi dalam permasalahan korupsi. Konteks kelembagaan dan komitmen pimpinan juga menjadi kunci dalam pencegahan dalam pemberantasan korupsi. Sehingga hari ini dan ke depan ada perubahan paradigma tata kelola pemerintah. Kalau dulu paradigma pemerintah mengatur masyarakat, sekarang pemerintah bekerja bersama masyarakat. Pemerintah menjadikan masyarakat sebagai mitra dan inilah perubahan mendasar hari ini dan ke depan bagaimana perubahan data transformasi digital SDM berdaya saing,” katanya.

BACA JUGA :  Bejat, 5 Santriwati Dicabuli dan Diperkosa Pimpinan Ponpes di Lombok Barat

Dalam transformasi digital, kata Azwar pihaknya melihat bahwa di beberapa kabupaten, kota dan provinsi sudah mulai mengintegrasikan layanan ini yang diintegrasikan dalam satu portal layanan.

“Mudah-mudahan bisa terus dimulai, jadi tidak lagi banyak portal-portal di dinas, aplikasi-aplikasi dinas, tapi cukup satu portal. Inilah yang jadi prioritas pemerintah,” katanya

Sekedar informasi, di Kota Bogor pengintegrasiaan layanan yang dibuat dalam satu aplikasi sudah diluncurkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Diskominfo dengan diluncurkan aplikasi Bogor Single Window (BSW) yang terdiri dari BSW ASN, BSW Publik (Masyarakat), BSW Mobile (android) dan BSW Talas Bogor (WA Talas Bogor) serta aplikasi PASTI (Partisipasi Aktif Masyarakat Terhadap Inflasi) di Balai Kota Bogor, Rabu 18 Oktober 2023.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Rabu 8 Mei 2024

BSW merupakan aplikasi super yang menyatukan seluruh aplikasi yang ada di Kota Bogor, baik untuk layanan publik maupun aparatur sipil negara, dengan didukung oleh database terpusat dan kerangka kerja Smart City.

Dengan BSW, warga dan pejabat pemerintahan di Kota Bogor dapat mengakses semua layanan publik dan fungsi administratif dengan satu login, sehingga interaksi menjadi lebih praktis dan efisien. Selain itu dalam pembayaran pajak dan retribusi Pemkot juga sudah menerapkan sistem pembayaran digital.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================