Diresmikan Presiden Jokowi, Jembatan Otista Langsung Diserbu Kendaraan

Kendaraan langsung memadati Jembatan Otista usai dibuka, Selasa (19/12/2023). (Foto: Aditya/Bogor-today.com)

BOGOR-TODAY.COM – Jembatan Otista di Jalan Otto Iskandardinata (Otista) Kota Bogor akhirnya dibuka kembali, Selasa (19/12/2023) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Presiden Jokowi mengatakan bahwa Jembatan Otista yang selama ini menjadi titik kemacetan di pusat Kota Bogor telah kembali dibuka.

“Jembatan ini adalah salah satu masalah di kota bogor, karena memang jembatan ini menyempit sehingga jembatan Otista ini dilebarkan,” kata Presiden Jokowi.

Ia juga menyatakan bahwa lengkungan Jembatan Otista yang merupakan cagar budaya tetap dipertahankan. “Tadi saya lihat lengkungannya tidak dihilangkan,” kata Presiden RI.

Presiden Jokowi turut saat meresmikan Jembatan Otista di Kota Bogor. (Foto: Aditya/Bogor-today.com)

Dalam sambutannya, Wali Kota Bogor Bima Arya menjelaskan bahwa jembatan ini dibangun pada 1920 silam dan yang menjadi ciri khasnya saat ini adalah lengkungan di bawah jembatan. Kemudian dilebarkan pada tahun 1970, dan pada tahun 1990 arus utama di Kota Bogor menjadi padat dengan aktivitas pedagang.

BACA JUGA :  Pria di Bogor Nekat Gantung Diri di Tengah Hutan, Sempat Izin Pamit ke Istri dan Jagain Anak-anak

Maka pada tahun 2015, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melakukan kajian hingga muncul kebijakan Sistem Satu Arah (SSA) di sekitar Istana Bogor untuk mengurai kemacetan. Namun, titik Jembatan Otista ternyata menjadi titik sempit utama di pusat kota. Oleh karena itu, warga meminta Pemkot Bogor untuk melebarkan jembatan ini.

Sehingga, lanjut Bima Arya, kami mengajukannya ke Provinsi Jawa Barat dan disetujui pada tahun 2020, tetapi ada kebijakan rasional oleh Covid-19 dan ditunda. Kemudian, Jembatan Otista dibangun awal tahun ini dan selama tujuh setengah bulan warga harus bertahan dengan kemacetan karena manajemen lalu lintas. Bukan perjalanan yang mudah karena pendapatan warga juga menurun.

BACA JUGA :  4 Begal Mobil Sadis di Kota Bogor Berhasil Diringkus Polisi, 2 Masih Buron

“Oleh karena itu, Pemkot Bogor berterimakasih atas kesabaran warga. Kemudian kami apresiasi kepada Forkopimda. Semoga kelancaran ini akan memberikan rezeki yang seluas-luasnya bagi semua warga Kota Bogor,” pungkas Bima Arya.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================