Harapan Baru Bagi Rider Indonesia di MotoGP Lewat VR46 Racing Team

VR46 Racing Team Academy (instagram.com/vr46ridersacademyofficial)

BOGOR-TODAY.COM – Kerja sama PT Pertamina Lubricants dengan VR46 Racing Team sebenarnya membuka harapan baru buat motorsport Indonesia. Lewat kerja sama ini, tentunya diharapkan ada manfaat yang muncul terhadap perkembangan rider di Indonesia.

Tak bisa ditampik, Indonesia menjadi salah satu pasar terbesar dari MotoGP. Jumlah fans MotoGP di Tanah Air begitu masif, dan itu diakui oleh VR46.

“Gairah terhadap MotoGP di negara ini sangat tidak terkira,” kata CEO VR46 Agency, Gianluca Falcioni, seperti dikutip IDN Times, Rabu (20/12/2023).

Atmosfer balap motor di Indonesia sebenarnya memang terbilang hangat dari level grassroot. Tengok saja di berbagai daerah, hampir pasti ada event balap motor yang diselenggarakan oleh berbagai pihak dan selalu menarik minat banyak orang.

Dari situ pula, tak jarang muncul sejumlah pembalap muda yang talentanya luar biasa. Hanya saja, mereka masih harus mendapat sentuhan yang lebih baik dalam membantu perkembangannya.

Sebab, selama ini pembinaan balap motor di Indonesia selalu terbentur dengan biaya atau hal lainnya.

Maka dari itu, kerja sama Pertamina Lubricants dengan VR46 bukan tak mungkin menjadi salah satu alternatif bagi para pembalap muda Indonesia untuk bisa berkembang. Ada harapan kerja sama itu bisa membuka peluang rider muda Indonesia berlatih di akademi VR46 milik Valentino Rossi, legenda MotoGP.

BACA JUGA :  Laga Penentuan Timnas Indonesia vs Yordania di Piala Asia U-23 2024

Apalagi, Pertamina Lubricants selama ini sudah menjadi “Bapak Asuh” tetap untuk motorsport Indonesia. Pastinya, perhatian mereka begitu besar terhadap perkembangan motorsport di Tanah Air.

“Itu bagian dari diskusi ya. Bukan tak mungkin. Ini bisa bagian dari eskalasi, mungkin saja ada dukungan dari Presiden. Tapi, ini kan cerita seorang Dirut, impian,” kata Direktur Utama Pertamina Lubricants, Werry Prayogi, beberapa waktu lalu.

VR46 juga membuka peluang buat Pertamina Lubricants, bahkan Indonesia secara negara, untuk menjajaki kerja sama dalam bentuk lain. Falcioni menyatakan masih ada ruang yang bisa dimanfaatkan oleh VR46 bersama Pertamina Lubricants dalam kerja sama yang berlaku efektif per 1 Januari 2024.

Artinya, tak menutup kemungkinan buat Indonesia mengirimkan pembalap mudanya untuk berlatih di akademi VR46. Hanya saja, skemanya harus dimatangkan terlebih dulu antara Pertamina Lubricants dengan VR46.

“Secara strategis, kami bisa berevolusi dengan tak hanya mengaktifkan sinergi dari sisi olahraga, namun juga kesempatan 360 derajat antara VR46 dengan negara ini. Sejak pertemuan pertama dengan Pertamina, kami mengerti afinitas dari nilai, visi yang sama terhadap motor dan pendekatan kompetisi,” ujar Falcioni.

BACA JUGA :  Lolos 8 Besar Piala Asia U-23, Erick Thohir Apresiasi Juang Pemain Timnas Indonesia

Dengan visi yang sama, Falcioni yakin kolaborasi antara VR46 dan Pertamina Lubricants bisa menjadi perantara pula dalam transfer ilmu.

Keunggulan Pertamina Lubricants dalam memproduksi pelumas dengan kualitas unggul, berdasarkan base oil terbaik, bisa dimanfaatkan oleh VR46 demi mendapatkan sudut pandang lain demi mendongkrak performa motornya.

Sementara, VR46 juga bisa membantu Pertamina Lubricants jika nantinya ingin mempromosikan pembalap muda Indonesia untuk mengembangkan karier di pentas internasional lewat akademi.

“Tak ada kata yang tepat menggambarkan peran dan prestise Pertamina Lubricants. Daya tahan adalah kunci utama untuk menciptakan kemitraan yang unik demi mendukung proyek kami,” ujar Falcioni.

“Ini bukan kemitraan yang simpel, tapi kelahiran sinergi di mana Pertamina Lubricants akan menciptakan pengetahuan, pengalaman, dan teknologi, dalam mendongkrak performa di atas trek,” lanjutnya.

Indonesia, dianggap oleh VR46, begitu penting posisinya. Mereka bahkan menjadikan Indonesia sebagai fan hub di Asia Tenggara serta Asia.

============================================================
============================================================
============================================================