Rebut Tiket Olimpiade 2024 Paris, Sembilan Pemanjat Terbaik Indonesia Ikut Ajang QSS di China

Desak Made Rita Kusuma Dewi (instagram.com/ifsclimbing)

BOGOR-TODAY.COM – Kabar gembira datang dari cabang olahraga panjat tebing. Sebanyak sembilan pemanjat terbaik Indonesia masuk dalam daftar atlet yang memperebutkan satu tiket menuju Olimpiade 2024 Paris dalam ajang Olympic Qualifying Series (OQS) 2024 mendatang.

Mereka adalah pemanjat nomor women’s speed, men’s speed dan men’s combined (lead dan boulder). Olympic Qualifying Series 2024 akan diselenggarakan di Shanghai, China pada 16-19 Mei 2024, dilanjutkan di Budapest, Hungaria pada 20-23 Juni 2024.

Federasi Internasional Panjat Tebing (IFSC) merilis daftar nama 160 atlet yang dinyatakan lolos untuk mengikuti Olympic Qualifier Series 2024 mendatang. Seluruhnya terdiri dari nomor speed putri (32 atlet), speed putra (32 atlet), combine (lead and boulder) putri (48 atlet), dan combine (lead and boulder) putra (48 atlet).

BACA JUGA :  Jadwal Pertandingan Timnas Indonesia vs Filipina di Piala Asia Wanita U-17 2024

Dalam laman resminya, IFSC mengatakan nomor lead and boulder akan berebut tiket masing-masing 10 tempat di olimpiade untuk putra dan putri. Sementara nomor lead putri akan memperebutkan lima tiket dan lead putra juga memperebutkan lima tiket.

Panjat tebing Indonesia sudah punya dua wakil di Olimpiade 2024 Paris. Keduanya berasal dari nomor speed putri dan speed putra.

BACA JUGA :  Daftar Skuad Timnas Indonesia di Piala Asia Wanita U-17 2024

Atlet panjat tebing, Desak Made Rita Kusuma Dewi, menjadi wakil Indonesia kedua yang dinyatakan lolos kualifikasi Olimpiade 2024 Paris setelah pemanah Arif Dwi Pangestu.

Kepastian ini diamankan Rita usai keluar sebagai yang tercepat di nomor speed putri pada turnamen Piala Dunia Panjat Tebing 2023 seri Bern, Swiss pada 11 Agutsus 2023 lalu. Rita sekaligus menjadi atlet putri Indonesia pertama yang memastikan diri tampil di Olimpiade 2024 Paris.

============================================================
============================================================
============================================================