Kota Bogor Punya 2 Puskesmas dan Labkesda Baru, Masyarakat Kini Bisa Cepat Terlayani

Puskesmas Kayumanis dan Labkesda Kota Bogor.

BOGOR-TODAY.COM – Wali Kota Bogor, Bima Arya meresmikan Puskesmas Kayumanis tahap I, Puskesmas Lawang Gintung dan Labkesda Kota Bogor  secara serentak, pada Jumat 29 Desember 2023.

Dalam peresmian itu, ia dampingi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, Sri Nowo Retno, Camat Tanah Sareal serta jajaran dan perwakilan unsur Forkopimda Kota Bogor.

Pembangunan puskesmas ini menjadi salah satu ikhtiar Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor untuk lebih mendekatkan layanan primer ke tengah warga sehingga bisa cepat dilayani.

Kepada Dinkes dan aparatur wilayah di Kota Bogor, Bima Arya menitipkan agar puskesmas tidak hanya fokus pada aspek kuratif, tapi juga fokus pada preventif dan promotif.

“Sesuai namanya, pusat kesehatan masyarakat. Jadi tidak hanya untuk mengobati, tetapi juga menjaga yang sehat tetap sehat. Semoga pekarangan luas yang  ada di sini menjadi tempat favorit warga untuk beraktivitas yang menunjang kesehatan dan ada edukasi mengajak warga untuk terus bergerak dan sehat. Tahun depan fasilitas yang ada akan ditambah, semoga dijaga dan dikembangkan pimpinan berikutnya, konsepnya tidak sekedar kuratif tapi promotif dan preventif,” kata Bima Arya di Puskesmas Kayumanis.

BACA JUGA :  Hadiri Bogor Book Party, Bima Arya Senang Ruang Publik Untuk Kegiatan Positif

Bima Arya menyebut, kehadiran puskesmas menjadi fasilitas layanan kesehatan yang memberikan pengobatan dan pencegahan sebelum dirujuk dan dirawat lebih lanjut ke rumah sakit.  Ke depan dirinya berharap rumah sakit di Kota Bogor terus ditambah sesuai kebutuhan menangani penyakit-penyakit yang mematikan, seperti kanker, jantung, stroke dan ginjal. Demikian juga puskesmas dengan perbaikan dan peningkatan layanannya sehingga bisa melayani warga dengan lebih cepat.

BACA JUGA :  27 Mediator Dikukuhkan, Bima Arya : Ikhtiar Mencapai Puncak Harmoni di Kota Bogor

Kepala Dinkes Kota Bogor, Sri Nowo Retno berharap dengan pembangunan puskesmas Kayumanis dan Lawanggintung akan semakin meningkatkan layanan kesehatan dan mampu memenuhi harapan masyarakat Kota Bogor.

Labkesda yang sudah terakreditasi KAN ISO 18189 ke depan akan dikembangkan dengan Biosafety Level 2 yang menjadi percontohan pada tingkat nasional serta akan ada pengembangan laboratorium kesehatan masyarakat dan laboratorium kesehatan lingkungan, dimana ini tidak dimiliki daerah-daerah lain.

Dari 25 puskesmas di Kota Bogor berdasarkan hasil akreditasi sebanyak 18 puskesmas telah memperoleh hasilnya dengan 17 paripurna dan 1 meningkat dari madya menjadi utama.

============================================================
============================================================
============================================================