Sumedang Kembali Diguncang Gempa Magnitudo 2,5, BMKG Sebut Akibat Sesar Aktif

Instagram @bmkg_jawabarat

BOGOR-TODAY.COM –  Sumedang kembali dilanda gempa bumi dengan kekuatan magnitudo (M) 2,5 dengan kedalaman mencapai 7 km.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan informasi mengenai gempa ini melalui akun instagram resmi @bmkg_jawabarat. Kejadian gempa tercatat pada hari Kamis (4/1/2024) pukul 16:22:11 WIB.

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M 2,5. Episenter terletak pada koordinat 6.81 LS dan 107.93 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 5 km Timur Laut Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada kedalaman 7 km.

BACA JUGA :  Disambangi Partai Golkar, PPP Ingin Bergandeng Tangan Saat Pemilihan Bupati Bogor 2024

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif wilayah setempat.

Ia pun menyebut bahwa dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Sumedang dengan Skala Intensitas II MMI *(Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang)*.

============================================================
============================================================
============================================================