AGAR HATI LAPANG SELUAS SAMUDRA

OPINI_HERU
Heru B Setyawan penulis opini dengan judul “Agar Hati Lapang Seluas Samudra”. (FOTO : IST)

Oleh : Heru B Setyawan (Pemerhati & Aktivis Pendidikan)

MENGAPA hati kita terasa sempit dan hidup kita terasa tidak nyaman alias galau bin bingung? Inilah penyebab hati kita jadi sempit dan galau, yaitu:

Pertama, kita terlalu memikirkan masa lalu yang kelam, menyedihkan dan memalukan. Gara-gara ini maka hati kita jadi sempit dan galau.

Agar hati kita jadi lapang, maka solusinya adalah kita ridho atas semua takdir dari Allah, karena semua takdir itu terjadi atas ijin dari Allah.

BACA JUGA :  Kebakaran Hangsukan Kapal Wisata Sea Safari 7 di Perairan Labuan Bajo

Masa lalu itu kita ambilnya hikmahnya, yang baik kita lanjutkan dan kita pertahankan . Sedang yang jelek kita kurangi dan akhirnya tidak kita lakukan. Karena manusia itu tempatnya salah dan lupa.

Kedua, kita cemas akan masa yang akan datang, ini juga menyebabkan hati kita jadi galau, solusinya adalah dengan tawadu.

BACA JUGA :  APA ITU PATOLOGI ANATOMIK (PA)

Kita harus berdoa dan berikhtiar serta hasilnya itu urusan Allah. Tawadu itu menitipkan hasilnya kepada Allah, setelah kita merencanakan dan berusaha terhadap sesuatu.

Jika kita tawakal, maka saat berusaha kita melaksanakannya dan pasrah hasilnya kepada Allah.

Ketiga, kita tidak bisa menikmati pada masa sekarang, atau suka mengeluh, ini juga menyebabkan hati jadi sempit dan galau.

============================================================
============================================================
============================================================