Cara Pantau CCTV Jalan Raya Untuk Mengetahui Kondisi Lalu Lintas, Cukup Buka Aplikasi Ini

Ilustrasi Kemacetan. (Foto: Dok. Bogor-today.com)

BOGOR-TODAY.COM – Penggunaan Closed Circuit Television (CCTV) semakin meluas. Jika sebelumnya CCTV hanya digunakan untuk memantau rumah, kantor, dan toko, kini CCTV juga digunakan untuk memantau kondisi lalu lintas secara real time.

Tampilan CCTV jalan raya memiliki keunggulan dibandingkan peta online. CCTV jalan tidak hanya menampilkan kondisi lalu lintas dalam bentuk simbol dan keterangan, namun informasi yang diberikan berupa video yang ditampilkan secara real time.

Menggunakan CCTV untuk memantau kondisi lalu lintas jalan tentu memiliki keuntungan yang cukup signifikan. Hal ini dikarenakan pengendara dapat melihat situasi lalu lintas jalan secara real time sehingga mendapatkan informasi yang lebih akurat.

BACA JUGA :  Silaturahmi Dengan Pimpinan DPRD Dengan PJ Wali Kota, Bahas Isu Strategis dan Tingkatkan Sinergitas Demi Kota Bogor

Oleh karena itu, jika jalan yang sedang dipantau mengalami kemacetan, maka bisa dicari jalan alternatif lain.

Mengutip dari berbagai sumber, ada dua cara untuk melihat CCTV jalan raya, yaitu dengan mengakses halaman web atau menggunakan aplikasi.

1. Cara melihat CCTV jalan dengan website
Cara melihat CCTV jalan yang pertama adalah dengan mengakses laman website. Terdapat setidaknya 3 website yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan pemantauan terhadap kondisi lalu lintas.

RTTMC Kemenhub
Web pertama yang bisa digunakan untuk memantau kondisi jalan adalah RTTMC (Road Transport and Traffic Management Center) Kementerian Perhubungan. Website RTTMC Kemenhub ini menyajikan pantauan CCTV jalan di beberapa ruas jalan utama.

BACA JUGA :  Edgar Rangga Wakili Indonesia di Kejuaraan Dunia Fingerboard 2024

Untuk mengaksesnya, kunjungi laman rttmc.dephub.go.id. Terdapat beberapa fitur yang bisa diakses. Selain pemantauan CCTV secara online, Anda juga bisa mengetahui informasi lalu lintas, peta jalan, dan juga berita yang berkaitan dengan lalu lintas.

ATCS Dishub
Web berikutnya adalah ATCS (Area Traffic Control System) Dinas Perhubungan. Untuk saat ini, ATCS Dishub hanya tersedia di beberapa daerah saja. Daerah seperti Bandung, Cirebon, dan Padang adalah wilayah yang lalu lintasnya bisa dipantau melalui CCTV jalan.

============================================================
============================================================
============================================================