4 Cara Mengetahui Kehabisan Oli Mesin Sepeda Motor, Bisa Membahayakan Anda

Tidak hanya itu, oli mesin habis atau kotor tidak memungkinkan mesin untuk mendinginkan diri dengan baik. Akibatnya, suhu mesin naik secara signifikan. Jika mesin terlalu panas, sebaiknya segera dihentikan dan mesin dibiarkan dingin sebelum melanjutkan perjalanan.

3. Mengeluarkan Asap dari Knalpot

Jika asap keluar dari knalpot, mesin mungkin kehabisan oli mesin. Asap berwarna tidak normal ini menandakan bahwa oli mesin terbakar bersama bahan bakar, yang dapat merusak mesin. Asap putih ini juga dapat menyebabkan bau yang tidak sedap dan mengotori knalpot.

Selain memperhatikan asap putih yang menandakan kehabisan oli, Anda juga harus memperhatikan indikator oli pada speedometer motor Anda. Beberapa jenis motor dilengkapi dengan indikator level oli pada panel instrumen di atas speedometer. Jika indikator menunjukkan oli yang rendah atau kosong, segera periksa ketinggian oli mesin dan isi ulang sesuai kebutuhan.

BACA JUGA :  Sedang Bongkar Rumah, 2 Pekerja di Yogyakarta Tertimpa Bangunan, 1 Orang Tewas

4. Mesin Tiba-tiba Mati

Ini adalah ciri-ciri oli mesin yang paling parah dan harus segera ditangani. Jika mesin sepeda motor mati secara tiba-tiba dan gak bisa dinyalakan, kemungkinan besar oli mesin sudah habis sama sekali atau piston sudah terkunci. Jika hal ini terjadi, jangan coba-coba untuk menghidupkan mesin lagi, karena bisa menyebabkan kerusakan yang lebih fatal. Sebaiknya segera bawa motor kamu ke bengkel terdekat untuk diperbaiki.

BACA JUGA :  Kecelakaan Sopir Mercy di Medan Tabrak 2 Pengendara Motor-Mobil, Diduga Mabuk

Kehabisan oli mesin dapat mengakibatkan kerusakan serius pada mesin sepeda motor. Selain itu, kondisi ini juga dapat membahayakan pengguna karena sepeda motor bisa mogok mendadak. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami ciri-ciri kehabisan oli mesin dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk menjaga keamanan sepeda motor dan keselamatan pengendara.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================