4 Cara Mengetahui Kehabisan Oli Mesin Sepeda Motor, Bisa Membahayakan Anda

Ilustrasi Foto: Bogor-today.com

BOGOR-TODAY.COM – Oli mesin adalah bagian penting dari mesin sepeda motor, yang berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pembersih. Oli mesin harus diganti secara teratur sesuai dengan rekomendasi pabrikan atau buku panduan pemilik.

Jika tidak pernah diganti, oli mesin bisa menjadi kotor atau habis, yang berakibat pada performa mesin yang buruk dan kerusakan pada komponen mesin.

Sayangnya, masih cukup banyak pengendara sepeda motor yang tidak memperhatikan kondisi oli mesinnya hingga habis.

Lantas bagaimana cara mengetahui apakah oli mesin motor Anda sudah habis? Untuk mengetahuinya, perhatikan saja tanda berikut ini.

BACA JUGA :  Warga Digegerkan Penemuan Jasad Korban Hanyut di Pamijahan 1 Bulan Lalu

1. Timbul Suara Ketika RPM Rendah

Oli mesin yang tidak mencukupi menyebabkan peningkatan gesekan antar bagian dalam mesin. Secara khusus, gesekan dan benturan antara rockarm dan katup di kepala silinder akan meningkat. Kondisi ini menghasilkan suara mesin yang tidak normal seperti berderak, dan mendesing.

Bunyi ini menandakan bahwa oli mesin belum naik ke bagian atas mesin sehingga mekanisme katup tidak terlumasi dengan baik. Bunyi ini akan semakin keras saat ketinggian oli mesin menurun. Jika suara ini terdengar, segera periksa ketinggian oli mesin.

BACA JUGA :  Menu Makan Malam dengan Udang Goreng Bawang Putih ala Restoran yang Gurih dan Harum

2. Mesin Terasa Cepat Panas

Oli mesin yang habis atau kotor mengurangi kelancaran gesekan antara bagianbagian mesin seperti piston, silinder, dan noken as. Hal ini mengakibatkan mesin bekerja lebih keras dan bekerja dengan respons yang buruk.

============================================================
============================================================
============================================================