Turunkan Darah Tinggi Secara Alami, Ini Dia 6 Sayuran yang Perlu Dikonsumi

Brokoli juga merupakan sayuran yang baik untuk pengidap hipertensi lantaran kandungan antioksidan yang dimilikinya. Antioksidan tersebut dapat meningkatan jumlah nitrogen monoksida (nitric oxide) yang dapat mengendurkan pembuluh darah, sehingga membantu menurunkan darah tinggi.

  1. Wortel

Selain berkhasiat untuk kesehatan mata, wortel juga termasuk salah satu sayuran yang dapat membantu menurunkan darah tinggi. Wortel mengandung beta-karoten yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kolesterol sendiri merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko hipertensi.

Selain itu, wortel juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari risiko darah tinggi dan penyakit kardiovaskular lain. Sebuah studi menemukan mengonsumsi 100 gram wortel setiap hari dapat menurunkan tekanan darah sebesar 10 persen.

  1. Buah bit
BACA JUGA :  Polisi Tangkap Pelaku Tawuran di Bogor, Bacok Pengendara Lain

Buah bit merupakan salah satu rekomendasi sayuran untuk menurunkan darah tinggi. Pakar nutrisi sekaligus penulis ‘My Indian Table: Quick & Tasty Vegetarian Recipes’, Vandana Sheth, RDN, CDCES, FAND, mengungkapkan bit mengandung nitrat yang bermanfaat untuk kesehatan pembuluh darah.

“Bit merupakan sumber nitrat yang baik, yang membantu mengendurkan pembuluh darah dan memperbaiki tekanan darah,” ujarnya dikutip dari Eating Well.

Sheth menambahkan bit juga kaya akan kalium (potasium), serat, folat, zat besi, dan vitamin C yang mana juga dikaitkan dengan penurunan tekanan darah.

  1. Kentang
BACA JUGA :  Santri di Bogor Lapor Polisi Usai jadi Korban Penganiayaan Seniornya, Sempat Dilempar Botol Beling
Kentang

Kentang kaya akan kalium. Pakar nutrisi Sarah Pflugradt, RD, menjelaskan kalium merupakan salah satu zat yang paling dikenal perannya dalam menurunkan tekanan darah.

“Kalium bekerja dalam beberapa cara yang berbeda. Kalium membantu membuang kelebihan natrium dan mengendurkan dinding pembuluh darah, sehingga aliran darah menjadi lebih lancar,” terangnya.

Itu dia tadi enam macam sayuran yang dipercaya bisa membantu menurunkan darah tinggi atau hipertensi.(*)

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================