Turunkan Darah Tinggi Secara Alami, Ini Dia 6 Sayuran yang Perlu Dikonsumi

Turunkan Darah Tinggi Secara Alami, Ini Dia 6 Sayuran yang Perlu Dikonsumi

BOGOR-TODAY.COM – Dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, hipertensi adalah peningkatan darah sistolik dan diastolik lebih dari 140 mmHg dan 90 mmHg pada dua kali pengukuran, dengan selang waktu lima menit dalam keadaan cukup istirahat atau tenang.

Darah tinggi atau hipertensi sudah melanda ke berbagai kalangan muda maupun lansia. Jika dibiarkan akan berakibat fatal, seperti menyerang jantung, ginjal, hingga bahkan otak. Maka dari itu, kamu perlu konsumsi sayuran yang merupakan obat alami untuk menurunkan darah tinggi.

Sayuran adalah salah satu bahan makanan yang penting untuk dikonsumsi setiap hari. Selain kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan, beberapa jenis sayuran juga dapat membantu menurunkan darah tinggi atau hipertensi.

BACA JUGA :  Menu Makan Malam Hangat dengan Sup Miso Tahu dan Sayuran Berkuah Gurih Bikin Nagih

Sayuran untuk Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Ini dia enak sayuran yang bisa menurunkan darah tinggi. Kamu bisa konsumsi sayuran ini, tak hanya untuk kesehatan tetapi untuk turunkan darah tinggi juga.

  1. Bayam
Bayam

Ada banyak alasan mengapa bayam menjadi salah satu jenis sayuran untuk menurunkan darah tinggi. Pertama, bayam mengandung nitrat tinggi yang dapat membantu mengendurkan pembuluh darah.

Selain itu, bayam juga mengandung antioksidan dan serat yang dapat membantu membersihkan penumpukan kolesterol pada pembuluh darah, sehingga mencegah terjadinya hipertensi dan penyakit kardiovaskular lain.

  1. Tomat
BACA JUGA :  DPRD Provinsi Banten Apresiasi Implementasi Smart City di Kabupaten Bogor

Sayuran yang kerap digunakan sehari-hari ini ternyata juga dapat membantu mengatasi tekanan darah tinggi loh. Tomat mengandung senyawa bernama likopen. Likopen adalah sejenis antioksidan yang membuat tomat berwarna merah.

Selain memberikan warna pada tomat, likopen juga dapat membantu memperbaiki tekanan darah. Sebuah studi yang dilakukan pada 2021 menemukan likopen yang terkandung dalam ekstrak tomat dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan baik pada orang yang sehat maupun pengidap tekanan darah tinggi.

  1. Brokoli

Brokoli
============================================================
============================================================
============================================================