Tempe Lebih Berkhasiat Dimakan Mentah? Benarkah? Simak Ini!

Tempe Lebih Berkhasiat Dimakan Mentah? Benarkah? Simak Ini!

BOGOR-TODAY.COMTempe merupakan sumber protein nabati populer di Indonesia. Tempe yang melalui proses fermentasi ini jadi bahan makanan andalan para pelaku hidup sehat.

Tempe jika dimakan mentah dipercaya lebih sehat lantaran proteinnya terjaga dan kaya probiotik. Namun dari sisi kesehatan, bagaimana pandangan dokter akan praktik makan tempe mentah?

Sudah beragam macam teknik masak dan bumbu yang bisa diolah untuk mengonsumsi tempe. Salah satu menu terpopuler adalah tempe goreng. Kriuk renyahnya bikin banyak orang ketagihan.

BACA JUGA :  Kecelakaan Pemotor di Kudus Tertabrak Truk saat Hendak Menyalip

Namun banyak orang menganggap tempe goreng adalah menu tidak sehat. Mereka meyakini kalau tempe lebih bagus dikonsumsi mentah karena kandungan protein dan probiotik tidak akan rusak akibat proses menggoreng.

Dari sisi kesehatan, dr. Dion Haryadi melalui unggahan Instagram (4/3/2024) memberikan pandangannya. Ia mengatakan memasak protein memang akan merusak ikatannya. “Tapi bukan berarti proteinnya jadi nggak guna. Justru protein itu akan terdenaturasi, dipecah ikatan proteinnya supaya lebih mudah untuk diserap sama tubuh,” ujar dr. Dion.

BACA JUGA :  Sah jadi WNI, Maarten Paes Target Main di Piala Dunia 2026

Ia mencontohkan, tempe yang dimasak tidak akan membuat proteinnya rusak. dr. Dion menambahkan, “Tempe juga tidak disarankan dikonsumsi dalam kondisi mentah. Satu, dari faktor higienitas produksinya. Dua, tetap akan ada risiko keracunan jika tidak dimasak atau dipasteurisasi.”

Menurutnya, tempe mentah juga sebenarnya secara nilai gizi tidak lebih baik daripada tempe yang dimasak. Ia mengatakan, tempe yang dimasak juga secara profil rasa lebih enak untuk dimakan.

============================================================
============================================================
============================================================