Wajib Tahu! Ternyata Kapulaga Punya 15 Manfaat Lho, Simak Ini

Kapulaga

BOGOR-TODAY.COMKapulaga sudah sering digunakan untuk obat batuk, penurun panas, mengatasi perut kembung, hingga menjadi bumbu masakan. Namun, manfaat kapulaga lebih dari itu.

Rempah dengan nama ilmiah Elettaria cardamomum ini mengandung protein, karbohidrat, mangan, serat, magnesium, fosfor, dan kalium. Kapulaga punya rasa yang gurih sedikit manis.

Manfaat Kapulaga Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut di bawah ini manfaat-manfaat dari kapulaga yang harus kamu tahu.

  1. Menetralisir Racun dan Bakteri Pada Tubuh

Dilansir dari jurnal Molecules, minyak dari biji kapulaga efektif membunuh bakteri dan jamur dengan kemampuannya merusak membran sel bakteri. Studi lain dalam Journal of Pharmaceutical Science and Research menyebutkan, kapulaga mampu mengurangi penyumbatan hati dan membersihkan racun di dalamnya.

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Kandungan fitokimia pada kapulaga mampu menurunkan risiko terkena kanker. Studi pada hewan menemukan, suplemen kapulaga dapat mengurangi ukuran tumor kulit dalam 15 hari. Namun temuan ini membutuhkan riset lebih banyak dan detail.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Setelah diuji coba pada hewan, antioksidan pada kapulaga ternyata mampu menurunkan kolesterol dan trigliserida. Temuan ini menjadi harapan baru untuk inovasi kesehatan jantung manusia, melalui penelitian lebih lanjut sebelum dipasarkan.

  1. Meningkatkan Fungsi Paru-paru

Berdasarkan Journal of Health and Allied Science, kapulaga dapat meningkatkan fungsi paru-paru. Hasilnya, saluran udara pada paru-paru menjadi lebih rileks.

  1. Membantu Mengatasi Disfungsi Ereksi
BACA JUGA :  Untuk Pilkada yang Aman dan Damai, PCNU Kota Bogor Gelar Doa Bersama

Riset medis mengemukakan, kapulaga dapat berperan sebagai afrodisiak untuk meningkatan gairah seksual. Manfaat ini diperoleh karena kemampuan kapulaga dalam mengatur sirkulasi darah dalam tubuh. Hasilnya, sirkulasi darah meningkat dan membantu mengatasi disfungsi ereksi pada pria.

  1. Meningkatkan Kesehatan Mulut

Rempah ini sudah dikenal menjadi penyegar napas sejak zaman Mesir Kuno. Penelitian menyebutkan, kapulaga memiliki kandungan cineole yang menjadi antiseptik kuat untuk mengatasi gigi berlubang, bau mulut, dan penyakit gusi.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan antioksidan kapulaga ternyata ampuh melawan peradangan dan mengatur tekanan darah. Riset menunjukkan, kapulaga dapat membantu menurunkan tekanan darah menjadi normal setelah 12 minggu. Penelitian melibatkan 20 orang dewasa dengan hipertensi yang diberi 3 gram bubuk kapulaga per hari.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Tertulis dalam jurnal Phytotherapy Research, kapulaga memberikan perlindungan terhadap infeksi bakteri Helicobacter pylori pada tukak lambung. Kapulaga juga bermanfaat untuk membantu mengobati kembung, sakit perut, mual, muntah, hingga gejala maag.

  1. Menurunkan Berat Badan

Kapulaga mampu menjadi alternatif diet detikers, karena kandungan melatonin yang mampu meningkatkan metabolisme. Zat tersebut akan membantu mempercepat pembakaran lemak dan penurunan berat badan setelah mengonsumsinya.

  1. Menurunkan Demam Tinggi

Jangan salah, bubuk rempah ini ternyata memiliki kemampuan untuk menurunkan demam. Hariana dalam buku Tumbuhan Obat dan Khasiatnya menambahkan, kapulaga juga dapat membantu menghilangkan dahak dan batuk selama demam.

  1. Menyembuhkan Batuk dan Pilek
BACA JUGA :  Pemuda di Brebes Tewas Tenggelam di Sungai Nipon, Diduga Tak Bisa Berenang

Dikutip dari situs Royal Deep Cardamom, ahli gizi Anju Sood menyebutkan kapulaga hitam dapat membantu menyembuhkan batuk dan pilek. Rempah ini juga menjadi alternatif alami untuk membantu pengobatan flu serta penyakit pernapasan tertentu.

  1. Melindungi Tubuh dari Penyakit Kronis

Kapulaga memiliki efek antiinflamasi yang mampu mencegah terjadinya penyakit kronis seperti kanker, obesitas, diabetes melitus, hipertensi, penumpukan lemak di pembuluh darah (aterosklerosis), hingga hipertensi.

  1. Media Relaksasi

Berdasarkan studi ilmiah di tahun 2011, minyak kapulaga dapat menjadi aromaterapi yang membantu tubuh lebih rileks. Dengan kemampuan ini kapulaga dapat mengatasi kecemasan, gelisah, hingga insomnia.

  1. Membantu Menyembuhkan Asma

Aromaterapi kapulaga mampu meningkatkan kemampuan tubuh dalam menggunakan dan menghirup oksigen. Dijelaskan dalam jurnal Nutrients, kapulaga hijau mampu menyembuhkan penyakit asma, paru-paru, hingga bronkitis.

  1. Resep Umur Panjang

Kapulaga identik dengan rahasia umur panjang dan sehat. Menurut Dr Ashutosh Gautam dari Indian Cardamom Research Institute, teh kapulaga mampu membantu membuang racun dalam tubuh dan membersihkan metabolisme.

Nah itu dia tadi 15 manfaat kapulaga yang harus kamu tahu. Semoga bermanfaat.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================