Wajib Tahu! Ini Dia 6 Manfaat Vitamin K untuk Tubuh

Vitamin K

BOGOR-TODAY.COM – Salah satu sumber vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu Vitamin K. lantaran, vitamin K memproduksi protrombin, yaitu protein yang berfungsi dalam pembekuan darah dan metabolisme tulang.

Vitamin K terdiri dari dua jenis, yaitu K1 (phylloquinone) yang terdapat dari sayuran hijau dan K2 (menaquinone) yang bisa didapat dari sejumlah makanan hewani dan fermentasi.

Nah mka dari itu, kamu juga perlu mengetahui apa saja manfaat vitamin K1 dan K2 untuk kesehatan tubuh, simak di bawah ini!

Manfaat Vitamin K untuk Tubuh

  1. Mengurangi Risiko Kanker

Sejumlah studi menunjukkan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi vitamin K diyakini lebih kecil terserang kanker. Selain itu, penelitian lain menunjukkan bahwa mengkonsumsi vitamin K2 dapat menghambat pertumbuhan sel kanker hati setelah pengobatan.

Meski begitu, para peneliti membutuhkan studi lebih lanjut untuk mengungkap manfaat tersebut secara akurat.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Masih mengutip Medical News Today, vitamin K dipercaya dapat membantu menjaga tekanan darah. Selain itu, vitamin ini dapat meminimalisir terjadinya mineralisasi.

BACA JUGA :  Selalu Ingin BAB Setelah Minum Kopi? Ini Dia Penyebabnya

Sebagai informasi, mineralisasi merupakan kondisi ketika mineral menumpuk di pembuluh darah. Hal ini dapat membuat jantung memompa darah dengan bebas ke seluruh tubuh.

Pada umumnya, mineralisasi terjadi seiring bertambahnya usia seseorang. Kondisi tersebut menjadi salah satu faktor risiko penyakit jantung di usia lanjut.

  1. Pembekuan Darah

Apabila seseorang mendapat vitamin K harian secara cukup, maka darah akan menggumpal secara normal. Perlu diketahui, proses pembekuan darah terbilang rumit karena setidaknya butuh 12 protein. Nah, empat protein di antaranya didapat dari vitamin K.

Dikutip Healthline, vitamin K juga dapat mempercepat penyembuhan luka memar di tubuh akibat terjatuh atau terbentur benda keras.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat vitamin K yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan tulang. Menurut sejumlah studi, vitamin K diyakini dapat mencegah osteoporosis, menguatkan tulang, meningkatkan kepadatan tulang, hingga mengurangi risiko patah tulang.

Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal tersebut.

  1. Meningkatkan Fungsi Kognitif
BACA JUGA :  Hadiri Musrenbangnas 2024, Pj Wali Kota Bogor Tekankan Sinkronisasi Perencanaan Jangka Panjang dan Menengah

Manfaat lain dari vitamin K adalah dapat meningkatkan fungsi memori otak, terutama pada orang lanjut usia. Dalam sebuah penelitian, seseorang berusia 70 tahun ke atas dengan kadar vitamin K1 dalam darah yang tinggi memiliki kinerja memori cukup baik.

  1. Meningkatkan Kesehatan Gigi

Manfaat selanjutnya dari vitamin K adalah dapat meningkatkan kesehatan gigi. Hal ini karena vitamin K berfungsi mengaktifkan osteokalsin yang mengikat kalsium ke gigi. Nah, osteokalsin aktif dapat merangsang pertumbuhan gigi baru serta meningkatkan kesehatan gigi.

Makanan yang Mengandung Vitamin K

Ternyata, ada cukup banyak makanan yang mengandung vitamin K, bahkan bisa didapat secara mudah. Apa saja makanan tersebut? Simak di bawah ini:

  • Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan buncis
  • Kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hijau, dan kacang kedelai
  • Buah-buahan seperti kiwi, blueberry, dan stroberi
  • Daging
  • Telur
  • Minyak nabati

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================