Penurun Tekanan Darah Tinggi dengan 5 Makanan Alami Bernutrisi Ini!

Tekanan Darah Tinggi

BOGOR-TODAY.COM – Coba konsumsi lima makanan ini untuk menurunkan tekanan darah secara alami. Lantaran tekanan darah tinggi membahayakan karena jika tidak terkontrol bisa sebabkan komplikasi.

Kematian dini pun bisa disebabkan oleh hipertensi atau tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, tekanan darah perlu dikontrol. Salah satu yang sangat dianjurkan adalah dengan menjaga pola makan seimbang.

Makanan yang masuk ke dalam tubuh bisa berpengaruh terhadap kesehatan. Makanan bernutrisi dapat mendukung fungsi sistem internal, seperti pencernaan.

Makanan itu juga mampu meningkatkan energi sampai menurunkan tekanan darah. Berikut di bawah ini 5 makanan alamu yang bernutrisi untuk turunkan tekanan darah tinggi.

  1. Fokus pada potassium
BACA JUGA :  Penemuan Mayat Pria di Parit Mandan Sukoharjo, Tak Ditemukan Kartu Identitas

Veronica Rouse, MAN, RD, CDE, pemilik The Heart Dietitian menjelaskan, mengonsumsi lebih banyak makanan kaya potasium dapat membantu menyeimbangkan efek negatif garam pada tekanan darah.

Natrium atau garam mampu meningkatkan tekanan darah karena mereka ikut meningkatkan retensi cairan.

Oleh karena itu, disarankan mengimbanginya dengan makanan potasium tinggi. Potasium berperan mengurangi efek natrium, sekaligus mengurangi ketegangan pada dinding pembuluh darah.

Kamu bisa mengonsumsi makanan potasium tinggi, seperti pisang, bayam, ubi jalar, kacang-kacangan, sampai buah alpukat.

  1. Konsumsi buah beri
BACA JUGA :  Tega! Bayi Berusia 6 Hari Ditempeleng Ayah Kandung di Surabaya

Buah beri-berian secara khusus mampu membantu mengontrol tekanan darah. Dengan mengambil semangkuk buah beri dan mengonsumsinya, itu sudah bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Taub-Dix menjelaskan bagaimana buah beri kaya akan senyawa alami disebut flavonoid. Senyawa ini berperan dalam mengendalikan hipertensi.

Penelitian yang disebutkan Eating Well juga menunjukkan, konsumsi buah beri membantu menormalkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Ditambah, buah ini mengandung banyak serat. Pola makan tinggi serat pun sering dikaitkan berdampak positif pada tekanan darah.

============================================================
============================================================
============================================================