Susu Kurma Bisa Bantu Diet? Ini Dia Kandungan dan Manfaatnya

Susu Kurma Bisa Bantu Diet? Ini Dia Kandungan dan Manfaatnya

BOGOR-TODAY.COM – Daging buah khas padang pasir dengan rasa manis, creamy, dan menyegarkan yaitu kurma dengan dicampur oalahan susu, jadilah susu kurma. Susu kurma tidak berasal dari ekstrak buah atau polong layaknya susu kedelai.

Apakah benar, konsumsi susu kurma bahkan dianggap mampu menurunkan berat badan (BB) bagi yang mengalami kelebihan atau obesitas? Simak ini!

Dikutip dari situs Happiest Health, diet susu kurma diterapkan sebagai mono diet. Artinya, pelaku diet hanya mengonsumsi susu kurma dalam kurun waktu tertentu. Metode ini bisa menurunkan BB, namun bisa berdampak buruk bagi pelakunya.

“Tubuh akan kelaparan dan kekurangan nutrisi penting, yang dibutuhkan untuk pemeliharaan serta perbaikan. Diet susu kurma sebaiknya jangan dilakukan terus menerus,” kata dokter ahli endokrin dr Giridhar Adapa dari Manipal Hospitals, Vijayawada.

BACA JUGA :  Tega, Ibu Muda di Rohil Cekoki Anak Tiri Pakai Racun Tikus, Diduga Sakit Hati ke Suami

Konsumsi susu kurma untuk diet sebaiknya hanya dilakukan satu minggu atau kurang. Selanjutnya, bisa diterapkan pola diet lain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Misalnya, karbohidrat kompleks yang kaya serat untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Kandungan dan Manfaat Susu Kurma

Susu kurma untuk menurunkan berat badan yang dikonsumsi sebagai mono diet memang tidak disarankan. Namun konsumsi susu kurma bukan berarti tidak baik untuk kesehatan.

Kurma:

Buah kurma adalah sumber energi, gula, serat, dan berbagai mineral penting. Misal kalsium, zat besi, fosfor, sodium, potassium, magnesium, dan zinc ditemukan pada kurma. Kurma juga mengandung thiamin, riboflavin, niacin, folate, vitamin A dan vitamin K.

BACA JUGA :  Menu Makan Malam dengan Kwetiau Goreng Udang Malaysia yang Menggugah Selera

Susu:

Sebagai sumber protein hewani, susu mengandung nutrisi penting untuk kesehatan tubuh, Misal protein, karbohidrat, lemak, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin D, kalsium, kalium, zat besi, fosfor, serta mineral lainnya.

Manfaat susu kurma adalah:

  • Memperbaiki sistem pencernaan.
  • Membantu meningkatkan berat badan.
  • Meningkatkan kekuatan otot.
  • Meningkatkan kapasitas memori otak.
  • Membantu menangani anemia.
  • Menunjang performa seksual.
  • Gudang penyimpanan energi.
  • Membantu mengatasi masalah seputar kulit.
  • Mengurangi rasa sakit pada sendi.

Konsumsi susu kurma memang baik untuk meningkatkan kualitas kesehatan. Namun jika bertujuan mengurangi BB, ada baiknya konsumsi susu kurma dibarengi asupan lain yang bergizi dan penerapan pola hidup sehat.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================