Ternyata Daun Sirsak Miliki Banyak Khasiat untuk Tubuh, Ini Dia 10 Manfaatnya

Selain itu, ekstrak daun sirsak diyakini mampu mengecilkan tumor dan membunuh sel kanker di dalam tubuh. Akan tetapi, para peneliti membutuhkan studi lebih lanjut untuk mengungkap khasiat tersebut.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Mengkonsumsi daun sirsak secara rutin dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi. Sebab, air rebusan daun sirsak mengandung senyawa flavonoid yang dipercaya ampuh dalam menghambat pembentukan kolesterol di dalam darah.

  1. Menstabilkan Tekanan Darah

Menurut sejumlah penelitian, daun sirsak dipercaya mampu menstabilkan tekanan darah di dalam tubuh. Soalnya, daun sirsak mengandung potasium dan zat besi yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Mengatasi Sakit Maag

Daun sirsak dapat digunakan sebagai obat herbal ketika mengalami sakit maag. Dilansir situs Stylecraze, daun sirsak mengandung zat anti peradangan yang dapat menghilangkan rasa sakit di dalam tubuh, salah satunya mengobati maag.

  1. Mengatasi Peradangan
BACA JUGA :  Mulai 8-12 Mei 2024 Polres Bogor akan Berlakukan Ganjil Genap di Jalur Puncak! Simak Ini

Manfaat yang pertama adalah dapat mengatasi peradangan. Sebab, daun sirsak memiliki kandungan anti rematik dan neuralgin yang berkhasiat mengatasi sejumlah peradangan seperti cystitis, disentri, demam, diare, hingga ruam di kulit.

  1. Mencegah Radikal Bebas

Daun sirsak diklaim dapat mencegah radikal bebas. Hal ini karena daun sirsak mengandung antioksidan yang tinggi.

Sebagai informasi, antioksidan dapat melawan radikal bebas di dalam tubuh. Apabila radikal bebas sudah tersebar di dalam tubuh, hal ini dapat merusak jaringan sel.

  1. Menyembuhkan Sariawan

Daun sirsak juga bermanfaat untuk menyembuhkan sariawan. Disarankan mengkonsumsi daun sirsak dengan cara ditumbuk sampai halus. Setelah itu, tumbukan daun sirsak direbus sampai matang, lalu diminum selagi masih hangat.

  1. Mengatasi Insomnia

Manfaat lain dari daun sirsak adalah dapat mengatasi insomnia. Hal ini berkat kandungan triptofan di dalam daun sirsak yang mampu membuat otot menjadi lebih rileks, sehingga tidur jadi lebih nyenyak.

  1. Menyembuhkan Sakit Gigi
BACA JUGA :  Sekda Syarifah Sofiah Hadiri Halalbihalal PCNU Kota Bogor

Daun sirsak mengandung senyawa antibakteri, sehingga dapat mencegah tumbuhnya berbagai bakteri seperti streptococcus mutans, streptococcus mitis, porphyromonas gingivalis, dan candida albicans. Jenis bakteri di atas dapat menimbulkan sejumlah penyakit gigi seperti periodontitis dan gingivitis.

  1. Menghilangkan Jerawat

Manfaat daun sirsak yang terakhir adalah dapat menghilangkan jerawat. Cara pakainya juga mudah, siapkan 5-6 lembar daun sirsak, lalu dicuci sampai bersih, kemudian ditumbuk sampai halus.

Setelah itu, tuangkan sedikit air ke dalam daun sirsak, lalu basuh ke seluruh wajah. Agar jerawat cepat hilang, gunakan daun sirsak secara teratur saat malam hari sebelum tidur.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================