Apa Sih Gejala Awal Ginjal Bermasalah? Simak Ini, Siapa Tau Kamu Alami Gejalanya

Ilustrasi ginjal

BOGOR-TODAY.COM – Berbagai macam gejala yang muncul karena ginjal yang bermasalah. Namun, gejala awal ginjal bermasalah ini mirip dengan kondisi umum, sehingga kerap terabaikan dan terlambat dideteksi.

Penyakit ginjal bisa berkembang dan menyebabkan komplikasi lebih parah jika ginjal yang bermasalah tidak ditangani sesegera mungkin. Tak hanya itu, peluang untuk bisa sembuh juga semakin kecil.

Meski terkesan sepele, tanda-tanda yang muncul pada tubuh dapat menjadi peringatan awal bahwa kesehatan ginjal sedang terganggu.

Maka dari itu, penting untuk selalu mewaspadai gejala awal ginjal yang bermasalah.

Gejala Awal Ginjal yang Bermasalah

  1. Susah tidur

Gangguan tidur merupakan gejala ginjal bermasalah yang tidak boleh diabaikan. Kondisi ini dapat disebabkan oleh penumpukan racun dan kotoran dalam tubuh.

BACA JUGA :  Ucapan Akhir Kepemimpinan Bima Arya dan Dedie Rachim: Hatur Nuhun Sadayana, Abdi Pamit

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, racun dan kotoran yang menumpuk dapat membuat tubuh merasa lelah dan gatal-gatal. Hal tersebut dapat menimbulkan ketidaknyamanan yang memengaruhi waktu dan kualitas tidur. Jika hal ini terjadi secara terus menerus, segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat diagnosis yang pasti.

  1. Sulit berkonsentrasi

Sulit berkonsentrasi juga merupakan gejala awal ginjal bermasalah yang sering disepelekan. Racun dan kotoran yang menumpuk dalam tubuh lambat laun dapat merusak pembuluh darah yang ada di otak. Hal inilah yang bisa membuat pengidap penyakit ginjal mengalami susah berkonsentrasi dan sakit kepala.

  1. Nyeri pinggang
BACA JUGA :  Agar Rambut Sehat, Konsumsi Racikan Minuman Detoks Ini Secara Rutin

Ginjal terletak pada pinggang bagian belakang, tepatnya di sisi tulang belakang bagian bawah punggung.

Rasa nyeri tersebut dapat disebabkan oleh sejumlah masalah ginjal, seperti infeksi atau batu ginjal. Rasa nyeri yang muncul mirip seperti ditusuk, dapat terjadi secara turus menerus, dan bisa muncul saat membungkuk atau mengangkat benda berat.

  1. Kelelahan

Kelelahan merupakan salah satu gejala awal ginjal bermasalah yang kerap terabaikan. Kelelahan dapat dipicu oleh menurunnya kadar eritropoetin, yakni hormon yang diproduksi oleh ginjal untuk membantu proses pembentukan sel darah merah.

============================================================
============================================================
============================================================