Ingin BAB Lancar Setiap Pagi? Simak 4 Cara Ini Dijamin Ampuh

Ingin BAB Lancar Setiap Pagi? Simak 4 Cara Ini Dijamin Ampuh

BOGOR-TODAY.COM – Waktu terbaik untuk buang air besar atau BAB sering disebut saat pagi hari. Namun karena satu dan lain hal, tidak semua orang bisa BAB dengan lancar setiap pagi.

Beberapa faktor dan penyebab BAB yang tidak lancar lantaran dimulai dari pola makanan hingga kondisi medis tertentu.

Untungnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melancarkan BAB sehingga bisa dikeluarkan setiap pagi. Simak di  bawah ini.

  1. Coba posisi jongkok

Percaya atau tidak, berjongkok ternyata adalah postur yang paling ideal untuk melancarkan BAB. Dokter gastroenterologi sekaligus direktur Gastroenterology Institute of Southern California di Los Angeles, dr Peyton Berookim, menjelaskan berjongkok dapat mengendurkan otot-otot di area perut sekaligus mengangkat bagian usus besar, sehingga memudahkan pengosongan usus.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Kamis 2 Mei 2024

“Semakin dekat Anda dengan posisi jongkok seutuhnya, semakin mudah pula Anda untuk BAB,” ucapnya.

Jika BAB di toilet duduk, maka bisa meniru posisi jongkok dengan cara meletakkan bangku atau ganjalan di bawah kaki untuk mengangkat lutut.

  1. Berolahraga sedikit
BACA JUGA :  Kecelakaan Maut di Jatim, Moge Tabrak Minibus di Jalur Pantura Probolinggo

Perna kebelet BAB saat sedang berolahraga? Ternyata, hal tersebut wajar terjadi. Lee menjelaskan aktivitas fisik dapat meningkatkan metabolisme tubuh, yang kemudian merangsang pergerakan usus.

  1. Perbanyak makanan berserat

Mengonsumsi makanan berserat, seperti sayur dan buah-buahan, merupakan salah satu cara membantu BAB lancar setiap pagi. Pakar gastroenterologi dari Cleveland Clinic, dr Christine Lee, mengungkapkan serat dapat membantu menyerap lebih banyak air selama proses pencernaan, sehingga melancarkan BAB dan mencegah sembelit.

============================================================
============================================================
============================================================