SPAM Cipinang Gading Bantu Layanan Air Bersih Warga Bogor Selatan

SPAM Cipinang Gading Milik Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor. (Foto: Bogor-today.com)

BOGOR-TODAY.COM – Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Cipinang Gading yang berlokasi di Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor merupakan program peningkatan layanan dan pengembangan Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor.

Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Pakuan, Rino Indira Gusniawan mengungkapkan, SPAM Cipinang Gading ini sudah direncanakan sejak jauh-jauh hari melalui proses dan kajian panjang bertahun-tahun hingga bisa dilaksanakan pembangunannya di tahun 2022.

“Jadi waktu itu kami mulai mencari dan menginisiasi bagaimana membangun secara keseluruhan, kita siapkan project itu secara komplit dibantu oleh Bappeda, kemudian kita mendapatkan beberapa skema bantuan dan pembiayaan,” ujarnya.

Dengan kolaborasi antara Pemkot Bogor, pemerintah pusat, Inpres, DPRD, Perbankan serta didukung oleh aparatur wilayah dan masyarakat, pembangunan SPAM Cipinang Gading bisa terlaksana hingga diresmikan dan dioperasionalkan.

BACA JUGA :  Disdukcapil Kota Bogor Berlakukan Antrean Daring Prima Antri, Ini Caranya

Tujuan Pembangunan SPAM ini, lanjut Rino adalah untuk memberikan layanan air bersih kepada warga di Selatan yang sejak berdirinya Tirta Pakuan belum merasakan air bersih.

Selama ini warga memanfaatkan sumber air dari air tanah, mata air yang mengalir dari gunung dan sungai yang kualitas airnya belum diketahui

“Alhamdulillah hari ini kita bisa membangun 50 liter pertama yang kedepannya akan kita bangun lagi 50 liter kedua untuk melayani sekitar 5.000 pelanggan di wilayah Bogor Selatan,” katanya.

Perumda Tirta Pakuan yang sejak tahun 2015 disekitar Mulyaharja tidak pernah menerima pengajuan pemasangan baru. Kini dengan hadirnya SPAM Cipinang Gading Tirta Pakuan sudah melayani 400 sambungan baru kepada warga dan satu hotel di wilayah BNR sudah bisa dilayani.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kota Bogor, Jumat 17 Mei 2024

“Mudah-mudahan dengan kita layani ini ekonomi di Bogor Selatan terus bergerak dan ekonomi Mulyaharja ini akan terus bergerak menuju kondisi lebih baik, meningkatkan kualitas hidup warga, menurunkan angka stunting dan pengentasan ODF,” ujarnya.

Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan warga, SPAM Cipinang Gading juga membuat pemberdayaan masyarakat yang akan dilibatkan melalui aktivitas kegiatan pembersihan dan penjagaan sungai yang dijalankan secara periodik, sehingga pada akhirnya muncul kesadaran warga akan pentingnya menjaga kelestarian sungai dengan tidak membuang sampah.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================