Wajib Tahu! Ini Dia Manfaat dan Khasiat Jus Jambu untuk Kesehatan Tubuh

Jus Jambu

BOGOR-TODAY.COM – Sudah banyak orang tahu bahwa jus jambu ini memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh salah satunya menurunkan berat badan.

Buah jambu biji, terutama berwarna merah banyak dikonsumsi karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Kandungan nutrisi dalam 100 gram buah jambu. Di antaranya terdapat 56 kcal, 14 gram karbohidrat, 13 gram gula, 0,5 gram serat, 12 miligram sodium, dan 24 miligram vitamin C. Hal itu dinyatakan Pharmeasy (22/3), Dr. Smita Barode.

Buah jambu ini bisa menjadi asupan harian karena memiliki kandungan air tinggi dan rendah lemak. Baik dikonsumsi saat diet untuk menurunkan berat badan, bahkan dapat meningkatkan trombosit darah pada pasien demam berdarah (DBD).

BACA JUGA :  KURANG ELOK PRAMUKA BERUBAH DARI EKSKUL WAJIB JADI PILIHAN

Manfaat Jus Jambu untuk Kesehatan Tubuh

  1. Memperlancar Pencernaan

Jambu biji juga diketahui kaya akan serat yang merupakan salah satu nutrisi terpenting. Serat ini membantu kesehatan sistem pencernaan dan mengurangi gejala sembelit.

Kualitas antibakteri pada jus jambu juga membantu mengatasi gejala disentri atau diare. Manfaat ini dapat efektif dirasakan jika mengonsumsinya setiap hari secara rutin.

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat lain dari mengonsumsi jus jambu adalah mengelola tekanan darah tinggi. Sebuah studi oleh Thapthimthong pada 2016, menemukan bahwa jus jambu biji menurunkan detak jantung dan tekanan darah tinggi.

BACA JUGA :  Rendah Fluktosa, 4 Makanan ini Baik untuk Penderita Diabetes

Efek jus jambu biji ini mungkin disebabkan oleh nutrisinya seperti vitamin C, serat, potassium, dan senyawa lainnya. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa jus jambu biji dapat berdampak positif terhadap kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah.

  1. Mengobati Pasien DBD

Jus jambu biji juga sudah lama diketahui dapat mengobati pasien demam berdarah (DBD). Disebut efektif meningkatkan trombosit darah.

============================================================
============================================================
============================================================