Kesalahan saat Memanaskan Makanan Ini Sering Dilakukan tanpa Disadari!

Kesalahan saat Memanaskan Makanan

BOGOR-TODAY.COM – Salah satu cara untuk menjaga makanan sisa tidak terbuang sia-sia yaitu dengan memanaskan makanan. Namun, ternyata memanaskan makanan juga ada aturannya. Pasalnya, masih banyak orang yang salah kaprah saat memanaskan makanan.

Bertepatan dengan hari raya Idulfitri, ada banyak makanan yang dimasak. Mulai dari opor, rendang, ayam goreng, kentang balado, sayur labu dan berbagai macam makanan lainnya. Maka dari itu, memanaskan makanan mungkin bisa jadi rutinitas untuk satu sampai dua hari ke depan.

Semua makanan ini tentu tak bisa langsung habis di hari raya. Makanya, satu-satunya cara agar semua makanan ini tidak terbuang sia-sia adalah dengan memanaskannya kembali agar tidak cepat basi.

BACA JUGA :  Pemkab Bogor Resmi Operasionalkan Kantong Parkir Angkutan Tambang Sekaligus Berlakukan Jam Operasional Kendaraan Angkutan Barang Khusus Tambang

Berikut beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat memanaskan makanan:

  1. Suhu yang tidak pas saat memanaskan makanan

Saat memanaskan makanan, pastikan suhu yang digunakan adalah suhu yang sesuai. Anda juga perlu memanaskan makanan berkuah hingga benar-benar mendidih.

Saat menggunakan microwave, pastikan seluruh makanan dipanaskan secara merata. Jika microwave Anda tidak memiliki meja putar, lakukan tindakan ekstra seperti ini.

BACA JUGA :  Perjalanan Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026

Di tengah waktu pemanasan, putar piring Anda setengah sebelum diaduk atau dibuang untuk menghilangkan titik dingin tempat bakteri dapat berkembang biak.

  1. Memanaskan makanan lebih dari sekali

Anda mungkin memanaskan makanan lebih dari sekali. Padahal cara ini tidaklah sehat. Pasalnya, mengubah suhu makanan secara berulang-ulang dari dingin, panas, lalu dingin lagi dapat menyebabkan bakteri berkembang biak dan membuat Anda sakit.

============================================================
============================================================
============================================================