Wajib Tahu! Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan Tubuh

Belimbing Wuluh

BOGOR-TODAY.COM – Salah satu tanaman yang dikembangbiakkan dan tumbuh bebas di beberapa wilayah di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Filipina, Myanmar, dan Malaysia yaitu belimbing wuluh atau yang juga dikenal sebagai belimbing sayur. Nama Latin tumbuhan ini adalah Averrhoa bilimbi Linn.

Belimbing wuluh sering dijadikan penyedap masakan karena rasanya yang asam. Sesekali, belimbing wuluh juga dibuat sebagai manisan dengan tambahan gula.

Tak hanya untuk dijadikan pelengkap masakan, belimbing wuluh juga mengandung berbagai manfaat kesehatan yang dapat ditemukan di bunga, buah, dan daunnya.

Jika kamu ingin tahu apa saja manfaat dari belimbing wuluh, simak di bawah.

BACA JUGA :  Penemuan Mayat Pak Kades di Sawah Bengkok Gegerkan Warga Gombang Blora

Manfaat dan Cara Mengolah Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

  1. Mengatasi Asam Urat dan Kolesterol

Saponin yang terkandung dalam belimbing wuluh memiliki sifat antiinflamasi. Serat yang terdapat di dalamnya juga membantu mengikat kolesterol dan membuangnya dari tubuh, sehingga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Belimbing wuluh dapat diminum sebagai jus untuk mengatasi asam urat.

  1. Mengelola Hipertensi dan Kesehatan Jantung

Mengonsumsi rebusan belimbing wuluh secara teratur dapat membantu mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

BACA JUGA :  Ruang Baca dan Auditorium di Perpustakaan Kota Bogor Gunakan Nama Tokoh

Antioksidan dan protein yang terdapat dalam belimbing wuluh bekerja sama untuk menurunkan tekanan darah. Kalium membantu menurunkan tekanan darah, sedangkan serat membantu menurunkan kadar kolesterol dan glukosa darah. Vitamin C bersama saponin, tanin, dan terpenoid juga membantu mengurangi peradangan dan mencegah penyumbatan di pembuluh darah.

  1. Mengatur Kadar Gula Darah

Mengutip situs resmi Kementerain Kesehatan, kandungan flavonoid dalam belimbing wuluh membantu mengontrol aktivitas insulin dalam tubuh. Aktivitas antioksidan dapat menekan aktivitas enzim alfa glukosidase yang meningkatkan kadar glukosa darah.

============================================================
============================================================
============================================================