Pemkab Bogor Fasilitasi UMKM Raup Cuan di Bulan Ramadhan

Pemkab Bogor Fasilitasi UMKM Raup Cuan di Bulan Ramadhan

BOGOR-TODAY.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Kabupaten Bogor terus berupaya menjadikan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) naik kelas. Dengan produk yang berkualitas serta legalitas produk yang lengkap.

Berbagai program kegiatan dilakukan, salah satunya adalah bazar Ramadhan yang diselenggarakan Pemkab Bogor sebagai wadah UMKM untuk meraup cuan di bulan Ramadhan. Bazar Ramadhan dilaksanakan oleh Pemkab Bogor bersama stakeholder selama bulan Ramadhan di tingkat kabupaten dan di kecamatan.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Iman Wahyu Budiana mengungkapkan, bulan suci Ramadhan memang memberikan keberkahan kepada umat muslim, keberkahan Ramadhan ini pun dirasakan oleh para pelaku UMKM di Kabupaten Bogor yang omsetnya meningkat seiring dengan tingginya permintaan pasar. Ada pula para pelaku UMKM ultra mikro seperti para penjual takjil yang bermunculan selama bulan Ramadhan.

BACA JUGA :  Pemkab Bogor Gaungkan Program Ekonomi Hijau untuk Peringati Hari Otda ke-XXVIII

“Selama bulan Ramadhan, Pemkab Bogor bekerja sama dengan stakeholder melaksanakan kegiatan bazar Ramadhan. Tentunya ini merupakan bentuk perhatian kami kepada para pelaku UMKM untuk berjualan dan meraih omset. Salah satunya Diskop UKM yang menyelenggarakan bazar Ramadhan selama tiga hari berturut-turut ini dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku UMKM sehingga bisa meraih kenaikan omset. Karena, bazar Ramadhan ini pun mendapat antusias yang tinggi dari masyarakat untuk datang dan berbelanja,” ungkap Iman.

Iman menjelaskan, bazar yang kami laksanakan di halaman kantor Diskop UKM adalah kegiatan non APBD. Kami hanya memanfaatkan apa yang kami miliki untuk bisa digunakan para pelaku UMKM berjualan. Tapi tahun depan kami akan anggarkan, karena rencananya akan menyelenggarakan bazar di lokasi yang memang di sana ada pasarnya sesuai dengan produk UMKM yang dijual. Dari evaluasi kegiatan bazar Ramadhan yang selama tiga hari kami selenggarakan.

BACA JUGA :  Layanan Baru Disdukcapil Kota Bogor
Pemkab Bogor Fasilitasi UMKM Raup Cuan di Bulan Ramadhan

“Alhamdulillah hasilnya cukup lumayan. Ada yang sampai meraup keuntungan 5 juta sampai 10 juta rupiah. Kami juga bekerjasama dengan Bank BJB, setiap UMKM diberikan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard), yaitu standar pembayaran kode QR untuk memfasilitasi pembayaran nontunai. Meski demikian ada juga yang melakukan pembayaran tunai,” jelas Iman.

============================================================
============================================================
============================================================