Pemkab Bogor Fasilitasi UMKM Raup Cuan di Bulan Ramadhan

Iman juga mengatakan, kami juga sedang gencar untuk mengajak para pelaku UMKM membuat sertifikasi halal. Bahkan Pemkab Bogor memiliki program pembuatan sertifikasi halal gratis yang dilaksanakan sebanyak empat gelombang, satu gelombangnya untuk 50 orang. Inginnya lebih banyak lagi yang bisa kami fasilitasi, namun sementara anggaranya terbatas, kedepan kami berupaya untuk menambah kuotanya.

“Kondisi UMKM di Kabupaten Bogor mulai bangkit pasca pandemi Covid-19. Terlihat ketika menjelang bulan Ramadhan mereka sudah mempersiapkan diri, mulai dari segi permodalan dan yang lainnya, sehingga ketika bulan Ramadhan tiba hingga menjelang lebaran, mereka mulai bergeliat dan meraup cuan atau keuntungan,” kata Iman.

BACA JUGA :  Jadwal Pertandingan Thailand Open 2024, 14 - 19 Mei 2024

Ia menuturkan, untuk permodalan, mereka bisa mengakses Kredit Usaha Rakyat atau KUR. Yang merupakan program pembiayaan atau kredit bersubsidi pemerintah dengan bunga rendah. Pemkab Bogor dalam hal ini memfasilitasi dengan memberikan rekomendasi kepada para pelaku UMKM untuk mendapatkan KUR.

“Tentunya rekomendasi ini dikeluarkan setelah kami melakukan asesmen dan validasi kepada UMKM tersebut. Di antaranya kami cek apakah sudah memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB), kemudian apakah punya sertifikasi halal, dan lain sebagainya,” tuturnya.

BACA JUGA :  Rekomendasi 5 Tempat Olahraga Golf Favorit di Bogor, Dijamin Sejuk

Iman berharap, momentum bulan Ramadhan dan Idul Fitri ini, bisa memberikan keberkahan kepada para pelaku UMKM di Kabupaten Bogor. Program kegiatan, pembinaan, dan fasilitasi untuk UMKM yang dilaksanakan tahun ini akan menjadi pengalaman agar ke depannya bisa lebih baik lagi.

“Mudah-mudahan UMKM Kabupaten Bogor naik kelas, dengan produk berkualitas serta memiliki legalitas produk yang lengkap,” tandas Iman. (***/ Gistin Iliyyin)

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================