Kontrol Kadar Kolesterol usai Lebaran dengan 5 Makanan Murah Ini

BOGOR-TODAY.COM – Rendang, opor ayam, ayam goreng, gulai merupakan menu lebaran yang sulit ditolak. Kalau sudah puas menyantapnya, saatnya menetralisir kadar kolesterol darah.

Makanan enak dan berlemak biasanua disediakan saat hari Lebaran, sehingga bisa menaikan kadar kolesterol. Maka dari itu artikel ini akan membagikan informasi untuk kamu yang memiliki kolesterol untuk kontrol dengan lima makanan murah ini.

Kolesterol sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu kolesterol buruk atau LDL dan kolesterol baik atau HDL. Pada dasarnya ada jenis kolesterol yang memang dibutuhkan oleh tubuh.

Kolesterol buruk merupakan kolesterol yang berbahaya untuk kesehatan. Sedangkan kolesterol baik disebut high density lipoprotein yang berfungsi untuk membersihkan kolesterol yang berbahaya dalam darah dan membawa kembali ke hati untuk dikeluarkan oleh tubuh.

Untuk itu perlu konsumsi makanan segar alami yang bisa mencegah kenaikan kadar kolesterol secara drastis.

Ini dia Lima makanan yang bisa bantu kontrol kolesterol

1. Bayam dan Kangkung

Sayur yang bisa menurunkan kolesterol adalah bayam, kangkung, dan sayuran berwarna hijau gelap lainnya. Sayuran bisa menurunkan kolesterol dengan mengikat asam empedu dan membuat tubuh mengeluarkan kolesterol lebih banyak.

BACA JUGA :  7 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan, Wajib Tahu!

Selain itu, kandungan lutein di sayuran hijau bisa membantu mencegah kolesterol mengikat dinding arteri.

Sementara kandungan karotenoid di sayuran berfungsi sebagai antioksidan yang bisa menyingkirkan radikal bebas agar tidak mudah terkena penyakit jantung.

2. Dark chocolate

Siapa bilang makanan penurun kolesterol tidak enak? Sebab, cokelat hitam atau dark chocolate bisa jadi opsi camilan yang sehat.

Penelitian menunjukkan kakao dalam cokelat hitam bisa menurunkan kolesterol jahat di tubuh dan meningkatkan kolesterol baik.

Hanya saja, sebaiknya kamu mengonsumsi cokelat hitam yang tidak mengandung gula tambahan agar juga terhindar dari risiko diabetes.

3. Bawang putih

Banyak orang menganggap kalau konsumsi bawang putih bagus untuk menurunkan kolesterol. Faktanya, benar adanya. Bawang putih mengandung allicin, senyawa aktif yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

BACA JUGA :  Mau Traveling Kemana? Ini Dia Daftar 10 Hotel Terbaik di Dunia 2024, Dijamin Tak Mengecewakan

Namun perlu bawang putih dalam jumlah banyak untuk merasakan manfaat tersebut. Karenanya banyak pakar kesehatan juga merekomendasikan konsumsi suplemen/ekstrak bawang putih agar lebih efektif.

4. Tomat dan Terong

Tomat merupakan sumber vitamin A dan C yang mengandung senyawa antioksidan lycopene. Senyawa ini punya peran penting dalam mengurangi kadar kolesterol jahat.

Selain itu makanan penurun kolesterol yang tak kalah populer lainnya adalah terong. Sebab, terong mengandung pektin seperti kentang yang juga bisa menurunkan kolesterol dan memberi perlindungan dari risiko penyakit jantung.

5. Kentang

Kentang punya kandungan pektin, serat larut yang bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh. Tak cuma itu, kentang juga mengandung potasium yang bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke.

Makanan penurun kolesterol dan darah tinggi ini bisa kamu konsumsi dengan cara direbus dan dipanggang untuk hasil lebih baik. Kamu juga bisa menambahkannya dalam racikan salad favorit.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

============================================================
============================================================
============================================================