Gula Darah Naik saat Lebaran Bisa Disebabkan 8 Makanan dan Minuman Ini

BOGOR-TODAY.COM – Berbagai macam hidangan lezat mulai dari gurih, pedas, hingga manis, membuat kita ingin menyantapnya sehingga lupa akan kadar gula darah.

Maka dari itu, perlu berhati-hati dalam memilih makanan untuk menjaga kadar gula darah apalagi untuk penderita diabetes.

Konsumsi makanan dan minuman yang kaya akan gula dan karbohidrat sederhana, dapar meningkatkan. gula darah secara signifikan.

Berikut beberapa makanan yang dapat memicu gula darah naik saat lebaran:

  1. Sirup

Sirup adalah minuman manis yang mengandung banyak gula. Mengkonsumsi sirup dalam jumlah berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah secara signifikan.

BACA JUGA :  DPRD Kota Bogor Terima Rancangan Kebijakan APBD Tahun 2025

Mengutip klikdokter, sirup sendiri mengandung karbohidrat dan fruktosa yang erat kaitannya dengan resistensi insulin, serta dapat menaikkan risiko terjadinya diabetes.

  1. Yoghurt dengan Aneka Rasa

Yoghurt memang menyegarkan dan mengandung probiotik yang baik untuk pencernaan. Namun, yoghurt dengan aneka rasa biasanya mengandung gula dan karbohidrat yang cukup tinggi.

  1. Kopi Saset

Kopi saset banyak digemari karena praktis dan mudah dibuat. Namun, kopi saset biasanya mengandung gula tambahan dan krimer yang tinggi kalori. Bagi penderita diabetes, pilihlah kopi tanpa gula dan krimer, atau ganti dengan kopi hitam yang lebih sehat.

  1. Jus Buah dengan Tambahan Gula
BACA JUGA :  Ini Dia Kronologi Kecelakaan 2 Truk Adu Banteng di Indramayu

Jus buah segar memang menyehatkan. Namun, menambahkan gula pada jus buah dapat meningkatkan kadar gula darah. Sebaiknya konsumsi jus buah tanpa gula tambahan atau pilih buah segar utuh yang lebih kaya serat.

======================================
======================================
======================================