Jaga Kadar Gula Darah dengan 5 Kebiasaan Pagi yang Penting Ini

BOGOR-TODAY.COM – Kondisi kesehatan seseorang juga bisa ditentukan dari kebiasaan di pagi hari lho. Kebiasaan sederhana dan sehat juga bisa membantu menurunkan menurunkan kadar gula darah ke tingkat normal dan mempertahankannya sepanjang hari.

Agar kadar gula darah bisa terjaga, maka sebaiknya kebasaan apa yang harusnya dilakukan di pagi hari? Simak di bawah ini.

  1. Minum Air Putih

Langkah sederhana untuk menjaga tingkat gula dalam darah adalah memastikan tubuh tetap terhidrasi. Minum air yang cukup dapat membantu menurunkan gula darah dengan ‘mengencerkan’ jumlah gula dalam aliran darah.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Rabu 12 Juni 2024

Faktanya, gula darah tinggi dan dehidrasi kerap muncul bersamaan. Minum air dapat mencegah gula dalam darah menjadi terkonsentrasi. Ketika seseorang mengonsumsi lebih banyak air, maka ini juga dapat membantu mengatur nafsu makan dan mengurangi asupan minuman manis.

  1. Sarapan

Walaupun terdengar sebaliknya, nyatanya sarapan dapat membantu menstabilkan kadar gula darah. Beberapa orang memperhatikan bahwa semakin lama mereka tidak makan, semakin tinggi pula gula darah mereka.

BACA JUGA :  Erupsi Melanda Gunung Ibu 2 Kali Pagi Ini, Semburkan Abu Vulkanis Setinggi 1 Km

Proses ini dikenal sebagai glukoneogenesis atau proses pembuatan gula darah yang disimpan di hati untuk menjaga tingkat energi tetap tinggi tanpa makanan.

“Tanpa makanan dalam jangka waktu lama dapat memicu stres pada tubuh, menyebabkan gula darah meningkat. Saat kita bangun di pagi hari, gula darah kita mungkin meningkat, dan sarapan yang seimbang dapat membantu menstabilkan atau menurunkannya,” ucap ahli diet Patricia Kolesa, MS, RDN.

======================================
======================================
======================================