Jaga Kadar Gula Darah dengan 5 Kebiasaan Pagi yang Penting Ini

  1. Utamakan Protein

Mengutamakan sarapan tinggi protein sudah terbukti menstabilkan kadar gula darah tinggi dan rendah sepanjang hari. Salah satu teorinya adalah karena protein membutuhkan waktu lama untuk dicerna, dan gula darah tidak langsung naik.

Sarapan tinggi protein menciptakan aliran energi yang lebih lambat dan stabil. Kondisi ini dapat memberikan efek bertahan sepanjang hari.

Beberapa jenis makanan tinggi protein yang bisa dikonsumsi sebagai menu sarapan antara lain telur, greek yogurt, hingga smoothie dengan tambahan protein bubuk.

  1. Jalan Kaki Usai Sarapan

Aktivitas fisik di pagi hari dapat membantu melatih otot-otot dan membantu menurunkan kadar gula darah. Otot akan menggunakan glukosa sebagai energi dan saat berolahraga, tubuh akan mengeluar gula darah dari aliran darah dan menggunakannya.

BACA JUGA :  Dishub Evaluasi Angkot Listrik di Kota Bogor, Dilanjutkan Non APBD

Secara alami, kondisi ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan memulai hari dengan baik. Studi menunjukkan bahwa berjalan kaki dua menit setelah makan dapat membantu menurunkan gula darah secara signifikan.

“Jalan-jalan setelah sarapan memindahkan gula darah dari aliran darah ke sel-sel Anda untuk digunakan sebagai energi, sehingga menurunkan gula darah Anda. Sebagai bonus, aktivitas fisik dapat membantu menjaga gula darah tetap sehat dan stabil sepanjang hari,” ucap ahli diet Brittany Crump, MPH, RD, LD, CDCES.

  1. Sadar Kafein
BACA JUGA :  Kebakaran Hanguskan Eks Hotel Hegar dan Gudang Bahan Kimia di Bandung

Jika suka minum kopi di pagi hari, penting untuk seseorang memiliki kesadaran terkait konsumsi kafein. Kafein yang dikonsumsi dengan jumlah yang tidak benar bisa justru berdampak kurang baik untuk kesehatan.

Kafein meningkatkan hormon stres yang membantu menciptakan perasaan waspada dan terjaga yang kita kaitkan dengan minuman pagi kita. Namun, hal ini juga mengaktifkan serangkaian peristiwa yang meningkatkan gula darah.

Untuk mengurangi pengaruh kafein terhadap gula darah, pastikan untuk tetap terhidrasi, makan sarapan yang seimbang, dan jangan melebihi batas kafein harian 400 mg.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Halaman:
« 1 2 » Semua
======================================
======================================
======================================