Pembinaan Jemaah Haji Kota Bogor, Dedie Rachim Ingatkan Jaga Kesehatan

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim menghadiri pembukaan pembinaan manasik jemaah haji Kota Bogor.

BOGOR-TODAY.COM – Di hari terakhir menjabat Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim menghadiri pembukaan pembinaan manasik jemaah haji Kota Bogor yang dilaksanakan di Masjid Raya Al Mi’raj, Jalan Pajajaran, Kota Bogor, pada Sabtu (20/4/2024).

Dalam kesempatan tersebut Dedie Rachim didampingi Kepala Bagian Kesejahteraan dan Kemasyarakatan setda Kota Bogor, Abdul Wahid, Ketua MUI Kota Bogor, KH TB. Muhiddin dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bogor, Dede Supriatna.

Kepada para jamaah haji Kota Bogor, Dedie mengingatkan ibadah haji memerlukan persiapan yang maksimal, mulai dari bekal maupun yang lainnya.

“Bapak ibu jamaah haji Kota Bogor adalah orang-orang pilihan yang diundang secara langsung oleh Allah SWT untuk hadir ke tanah suci, melaksanakan dan menunaikan rukun islam kelima, yaitu ibadah haji. Betapa nikmatnya bapak ibu karena masih banyak yang harus menunggu bertahun-tahun agar bisa menunaikan ibadah haji,” kata Dedie Rachim menyampaikan arahan.

BACA JUGA :  Herman Indrabudi Mendaftar Sebagai Calon Ketua PWI Kota Bogor 2024-2027

Memperhatikan panjangnya proses ibadah haji yang tidak sebentar, untuk itu lanjut Dedie, segala sesuatunya harus dipersiapkan secara betul, salah satunya fisik karena ibadah haji merupakan ibadah yang lebih banyak mengandalkan fisik.

Selain fisik, ada doa-doa yang harus dihafal, konsultasi serta tahapan manasik lainnya yang jumlahnya kurang lebih ada 16 tahapan sehingga harus diprioritaskan agar bisa menunaikannya dengan sebaik-baiknya.

“Saat ini sarana prasarana, fasilitas dan kondisi di Mekkah dan Madinah guna mendukung ibadah haji sudah jauh lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Tentunya hal itu menjadi anugerah, apalagi pemerintah Indonesia terus mengupayakan ada penambahan kuota jemaah haji,” ujar Dedie.

Di akhir, Dedie tidak lupa menyampaikan permohonan maaf atas nama pribadi dan Pemkot Bogor serta mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia, tim kesehatan hingga pihak pendukung lainnya yang sudah mendampingi serta melayani konsultasi kesehatan  para jamaah.

BACA JUGA :  Pasar Sukasari Bogor Siap Hadirkan Fasilitas Baru, Salah Satunya Taman Bermain Anak

“Jaga kesehatan, hindari makanan yang teu pararuguh (tidak jelas) sehingga mempengaruhi kesehatan bapak ibu jamaah haji Kota Bogor, jaga kondisi fisik secara maksimal,” tuturnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bogor, Dede Supriatna menyampaikan, dalam kurun waktu yang tidak lama, jamaah haji Kota Bogor akan diberangkatkan ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji sebagai rukun Islam kelima.

“Penantian sekian lama dalam hitungan minggu para jamaah Insya Allah akan diberikan kesehatan lahir batin, kelancaran dalam menunaikan rukun Islam kellima,” katanya.

Untuk pembinaan manasik haji kata dia, akan dimulai pada pekan ini. Dirinya menyarankan agar para calon jemaah mengikuti sesuai dengan alamat KTP-nya masing-masing. Jika ada calon jemaah yang sudah memiliki rencana bepergian, disarankan untuk membatalkannya agar bisa maksimal melaksanakan ibadah haji.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
======================================
======================================
======================================