Terlalu Banyak Konsumi Teh Lemon Ternyata Miliki Efek Samping, Simak Ini

Terlalu Banyak Konsumi Teh Lemon Ternyata Miliki Efek Samping

BOGOR-TODAY.COM – Salah satu minuman favorit banyak kalangan karena sangat efektif menghilangkan dahaga yaitu es teh. Namun, minuman ini juga biasanya dicampurkan dengan lemon agar lebih menyegarkan.

Es teh yang manis dan dingin memang sangatlah menyegarkan apalagi ditambah lemon sangat menghilangkan dahaga, tenggorokan menjadi sangat segar, apalagi dinikmati saat panas siang hari.

Sebenarkan, keduanya bukan campuran yang berbahaya, namun sesuatau yang berlebihan itu tidak baik dan memiliki efek sampingnya.

Beberapa Efek Samping Konsumsi Teh Lemon Terlalu Banyak

  1. Kerusakan pada Gigi

Walaupun lemon bersifat alami, tetapi kandungan asam yang ada tetap saja bersifat korosif. Nah ini juga berbahaya jika kamu terlalu sering meminum teh lemon.

BACA JUGA :  Bibir Hitam Gegara 5 Kebiasaan Ini, Simak Sampai Akhir!

Asam yang ada pada lemon akan mengikis lapisan enamel yang ada pada gigi. Jika sudah terlalu parah, gigi kamu akan menjadi sensitif.

  1. Masalah Pencernaan

Menambahkan jus lemon ke dalam teh meningkatkan kadar asamnya, yang dapat memperlambat proses pencernaan tubuh Anda. Ini berpotensi memicu sakit maag, refluks asam, kembung, dan bahkan sembelit.

Bahkan dalam beberapa kasus jika asam terlalu tinggi pada lambung bisa menyebabkan GERD. Tentu hal ini akan sangat mengganggu, bahkan pada level tertentu jika sudah parah ini bisa berbahaya.

  1. Efek Dada Terbakar

Konsumsi es teh lemon yang berlebihan akan meningkatkan pH pada lambung dan usus. Hal ini akan menyebabkan refluks asam dimana asam lambung akan naik ke esofagus. Ini akan memberikan sensasi rasa terbakar di dada atau lebih parah lagi seperti mual dan muntah.

  1. Osteoporosis
BACA JUGA :  Diduga Karena Salah Paham, Warga Palembang Dibacok Tetangga

Meskipun teh lemon memberikan sensasi segar bagi tenggorokan, tapi perlu diwaspadai dampaknya terhadap kesehatan tulang.

Ternyata, minum teh lemon secara teratur dapat secara perlahan mengurangi kadar kalsium dalam tulang.

Kalsium yang dikeluarkan dari tubuh sebagai respons terhadap konsumsi teh lemon akan dikeluarkan melalui urin, yang juga dipicu oleh sifat diuretik teh lemon.

============================================================
============================================================
============================================================