Kembang Kol Miliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Bantu Turunkan Berat Badan

Kembang Kol Miliki Banyak Manfaat

BOGOR-TODAY.COM – Salah satu sayuran yang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat yaitu kembang kol. Sayuran yang satu ini sudah sering dijadikan berbagai masakan seperti sop, capcai, cah sayur, dan lainnya. Meskipun kembang kol ini mirip brokoli, tetapi tetap beda ya.

Kembang kol memiliki rasa yang enak dengan tekstur crunchy ini sudah digemari banyak kalangan. Tak hanya enak, kembang kol ini memiliki banyak sekali vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. sekitar 100 gram kembang kol dapat memberikan nutrisi berupa:

  • Kalori: 27
  • Serat: 2 gram
  • Kolina: 8 persen dari kebutuhan harian
  • Folat: 15 persen dari kebutuhan harian
  • Vitamin C: 58 persen dari kebutuhan harian
  • Vitamin K: 14 persen dari kebutuhan harian
  • Vitamin B6: 12 persen dari kebutuhan harian
  • Kalium: 7 persen dari kebutuhan harian
  • Fosfor: 4 persen dari kebutuhan harian
  • Mangan: 9 persen dari kebutuhan harian
  • Magnesium: 4 persen dari kebutuhan harian
BACA JUGA :  RSUD Leuwiliang Beri Pelayanan Gratis Dalam Perayaan HJB Ke-542 di Stadion Pakansari

Karena ragam nutrisinya itu, kembang kol menjadi salah satu makanan yang menyehatkan. Lantas, apa saja manfaat kembang kol untuk kesehatan?

  1. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan serat dalam kembang kol juga dapat membantu memperlambat penyerapan karbohidrat di saluran pencernaan. Hal ini membuat makanan berkarbohidrat bertahan lebih lama sehingga meningkatkan rasa kenyang dan menekan nafsu makan.

  1. Mengandung antioksidan

Kembang kol juga kaya akan antioksidan yang berperan dalam melindungi tubuh dari peradangan dan efek radikal bebas. Seperti halnya sayuran cruciferous lain, kembang kol mengandung antioksidan bernama glucosinolate dan isothiocyanate yang diketahui dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker.

BACA JUGA :  Erupsi Sebanyak 3 Kali Pagi Ini, Gunung Marapi Masih Status Siaga

Tak hanya itu, kembang kol juga mengandung karotenoid dan flavonoid yang bersifat antikanker, serta vitamin C yang dapat memperkuat sistem imun tubuh.

  1. Kaya akan serat

Kembang kol memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Sekitar 100 gram kembang kol memiliki kandungan serat hingga 7 gram, yang mana dapat memenuhi 7 persen dari kebutuhan harian.

Serat juga membantu menutrisi bakteri baik di usus, mencegah peradangan, dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

  1. Memperlambat efek penuaan

Penelitian menunjukkan bahwa sulforaphane, zat alami yang terkandung dalam kembang kol dan sayuran cruciferous lain, dapat memperlambat proses biokimia penuaan dengan cara menetralkan racun, mengurangi peradangan, dan melindungi DNA dari kerusakan akibat efek penuaan.

======================================
======================================
======================================