PENYEBAB PEROKOK DI INDONESIA TERUS BERTAMBAH

FOTO OPINI

Oleh m: Heru B Setyawan (Pemerhati & Aktivis Pendidikan)

PENULIS di sini tidak akan membahas bahaya dan akibat dari merokok, karena sudah banyak orang berbicara ten­tang bahaya merokok.

Namun masih saja banyak orang yang merokok, bahkan jumlahnya se­makin tahun semakin bertambah. Pemerintah juga sudah memberi peringatan bahaya merokok pada bungkus rokok.

Penyakit akibat rokok seperti berbagai penyakit kanker, serangan jantung, aterosklerosis, penyakit paru, impotensi dan gangguan me­dis lainnya ini tidak membuat jera perokok untuk stop merokok. Di Indonesia, kematian aki­bat rokok angkanya mencapai 239 ribu per tahun.

BACA JUGA :  Selalu Ingin BAB Setelah Minum Kopi? Ini Dia Penyebabnya

Tapi kenapa dengan data yang membuat kita miris ini, justru jumlah perokok di Indonesia tiap tahun selalu bertambah dan para perokok ini sulit untuk stop merokok. Penyebabnya adalah se­bagai berikut:

Banyaknya budaya dan kebiasaan salah pada masyarakat Indonesia, contohnya sudah menjadi kebiasaan pada masyara­kat Indonesia.

Jika memberi uang pada seseorang mengatakan, Ini untuk uang rokok, kalimat ini be­gitu terkenal, familiar dan turun menurun dilakukan masyarakat Indonesia dan menjadi sarana so­sialisasi yang ampuh untuk mem­budayakan bahwa merokok itu hal yang wajar.

BACA JUGA :  HALAL BIHALAL HANYA ADA DI INDONESIA DAN BANYAK MANFAATNYA

Makanya budaya ini harus diganti misal dengan kata-kata, ini uang untuk tambahan, ini uang untuk bonus kamu dan ini uang dari sedekah saya dan lain-lain kata asal jangan ada kata rokoknya.

Ada juga pesta pernikahan, sunatan atau syukuran terutama di perkampungan, selain ada kue dan jajanan juga ada rokok yang disediakan oleh tuan rumah un­tuk tamu undangan.

============================================================
============================================================
============================================================