APA ITU PATOLOGI ANATOMIK (PA)

Oleh : dr.Tutik Nur ‘Ayni, Sp.P.A (Dokter di RSUD Leuwiliang)

SEBAGIAN besar masyarakat tentunya belum mengetahui peran penting Pemeriksaan Patologi Anatomik, atau yang sering di singkat Lab PA, dalam suatu layanan kesehatan di rumah sakit.

Iya, basis dari pelayanan ini terutama berada di rumah sakit sebagai institusi yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna termasuk penegakan diagnosis/ penentuan jenis penyakit.

Hal ini penting dimana setiap langkah terapi/ tindakan dokter harus berdasarkan diagnosis yang diperiksa dari tanda dan gejala yang dialami pasien.

Serta pemeriksaan penunjang lainnya seperti Pemeriksaan Patologi Anatomik sendiri.

BACA JUGA :  Kecelakaan Beruntun 8 Kendaraan di Cipatat Bandung Barat

Secara harfiah, patologi berasal dari bahasa Yunani yaitu pathos (penyakit) & logos (ilmu), yang artinya ilmu tentang penyakit.

Patologi Anatomik adalah ilmu tentang penyakit dengan cara mengevaluasi perubahan yang terjadi pada sel dan/ atau jaringan yang diambil dari tindakan operasi/ non operasi.

Pelayanan Patologi Anatomik merupakan pelayanan diagnostik dan laboratorium terhadap jaringan dan/ atau cairan tubuh pasien yang berperan dalam mendeteksi kelainan jaringan tubuh (penegakan diagnosis).

Melakukan penapisan (screening) suatu penyakit, penentuan pilihan terapi, serta prediksi dan prognosis suatu penyakit yang sejalan dengan perkembangan ilmu dan teknologi.

BACA JUGA :  Nahas, Mayat Perempuan Muda Ditemukan Tanpa Busana di Sungai Tegalgubug Cirebon

Sebagai contoh apabila pasien mengalami pembengkakan/ benjolan di area tubuh tertentu maka dokter akan melakukan tindakan berupa pengambilan benjolan tersebut.

Jaringan yang telah diambil akan diperiksakan ke Laboratorium Patologi Anatomik (Lab PA) untuk penentuan diagnosis berdasarkan perubahan makroskopik.

Dan mikroskopik yang terjadi pada jaringan tersebut, apakah perubahan tersebut karena infeksi/ inflamasi atau memang pertumbuhan jaringan yang tidak terkendali seperti neoplasma/ tumor baik jinak ataupun ganas.

Tentunya hal ini akan mempengaruhi penentuan terapi selanjutnya dari pasien tersebut.

============================================================
============================================================
============================================================